Pemberdayaan Aparatur Desa Melalui Literasi Digital untuk Peningkatan Produktivitas Kerja
Abstract
Era digitalisasi mendorong semua kalangan untuk dapat beradapatasi dengan teknologi tidak terkecuali di pemerintahan. Kebutuhan akan teknologi menjadi sebuah keharusan dimana hampir semua kegiatan pelayanan publik dan tugas-tugas adminstratif menggunakan teknologi. Literasi digital sendiri menjadi sebuah kompetensi wajib yang diperlukan pegawai pemerintah untuk menjalankan tugas-tugas pelayan terhadap masyarakat namun tidak semua pegawai pemerintahan ini mampu untuk berkompentensi di dalam lingkup literasi digital. Salah satu desa yang menghadapi tantangan literasi digital ini adalah Desa Pinang Lama yang menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan literasi digital di kalangan aparatur desanya. Rendahnya literasi digital ini berdampak kepada layanan yang diberikan kepada warga desa tersebut. Menyadari pentingnya literasi digital ini, maka dirancanglah program pemberdayaan masyarakat yang berbasis literasi digital. Program ini melibatkan pelatihan tentang perangkat lunak adminstratif seperti penggunaan aplikasi word dan excel dan untuk keamanan data dan juga pengarsipan secara elektronik. Pelaksaan program ini sendiri melibatkan beberapa tahapan seperti survei sebagai langkah awal identifikasi kebutuhan, persiapan, pelaksanaan pelatihan dengan 3 sesi yang intens, dan evaluasi. Hasil evaluasi dari program ini menunjukkan peningkatan dari keterampilan Aparatur Desa Sungai Pinang Lama yang terlihat dalam kinerja yang lebih efesien. Program ini diharapkan dapat menjadi sebuah landasan bagi desa-desa lain dalam upaya peningkatan literasi digital untuk pelayanan publik.
Keywords
References
K. Laura et al., “Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia,” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 2, pp. 31–34, 2024, doi: 10.59435/gjmi.v2i2.279.
Safitri Alvira Oktavia, Handayani Puji Ayu, and Herlambang Yusuf Tri, “Manusia dan Teknologi: Studi Filsafat Tentang Peran Teknologi Dalam Kehidupan Sosial,” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, vol. 2, no. 4, pp. 13157–13171, 2023, Accessed: Aug. 19, 2024. [Online]. Available: https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
M. R. Pabubung, “Era Kecerdasan Buatan dan Dampak terhadap Martabat Manusia dalam Kajian Etis,” Jurnal Filsafat Indonesia |, vol. 6, no. 1, 2023.
B. Yehizkia, Y. Kristalia, and I. W. Wibisono, “Ancaman Siber Dan Penguatan Kedaulatan Digital Indonesia Dari Perspektif Geopolitik Digital,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 3, no. 2, pp. 83–93, 2024, doi: 10.56127/jukim.v3i02.
H. A. Naufal, “Literasi Digital,” Perspektif, vol. 1, no. 2, pp. 195–202, Oct. 2021, doi: 10.53947/perspekt.v1i2.32.
D. Iswanto, “Peran Pemerintah Daerah Dalam Membangun Literasi Digital Aparatur Pemerintah Desa dalam Membangun Smart Village Governance (Studi di Desa Mentoro Kecamatan Soko Kabupaten Tuban),” in Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2021, pp. 101–108.
S. Y. Regif, M. S. Seran, I. Y. Naif, A. Pattipeilohy, and L. Saputri, “Literasi Digital Ekonomi Hijau Terhadap Pemberdayaan UMKM Desa di Kabupaten Langkat,” Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, vol. 9, no. 1, May 2023, doi: 10.37058/jipp.v9i1.6922.
M. Sutalhis et al., “Literasi Digital dan Pelayanan Publik yang Baik,” ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, vol. 4, no. 1, 2024.
D. Rachmawati, H. Wijaya, A. N. Haryudiniarti, and N. F. Dewi, “Optimalisasi UMKM ‘Go Digital’ Melalui Literasi Digital dan Literasi Financial UMKM Keripik Basreng Bibu Tirtajaya, Depok,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 7, no. 2, 2024.
R. Sunara Akbar et al., “Memperkuat Ketahanan Nasional: Aktualisasi Bela Negara Melalui Literasi Digital,” Journal on Education, vol. 06, no. 04, pp. 18838–18849, 2024.
Demmanggasa Yultan, Sabilaturrizqi Mashudah, Kasnawati, Mardikawati Budi, Ramli Akhmad, and Arifin Nofri Yudi, “Digitalisasi Pendidikan: Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorasi Teknologi Pendidikan,” Community Dev J, vol. 4, no. 5, pp. 11158–11167, 2023.
U. Saidata Aesyi, P. Winar Cahyo, A. Himawan, and U. Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemrograman Aplikasi Mobil Menggunakan Flutter di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta,” 2024. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
A. Asri et al., “Penerapan Model Pembelajaran Konstruksivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 8, no. 2, p. 2321, Apr. 2024, doi: 10.31764/jmm.v8i2.22127.
E. Kusumawati, U. Haryanti, K. D. Jayanti, and I. Safitri, “Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta Melalui Petahina Batik Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Siswa,” PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, p. 2, 2024.
A. Mujahidah, M. N. Kumairo, and M. Hazin, “Evaluasi Program PPDB Sistem Zonasi di Kabupaten Sidoarjo Menggunakan Model CIPP,” Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, vol. 4, no. 6, pp. 48–58, 2024, doi: 10.9644/sindoro.v4i5.3317.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.7509
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.