Penguatan Penyusunan Soal Tugas Berorientasi Pemodelan Matematika Dan Literasi Numerasi Bagi Guru-Guru Sd Di Kabupaten Pasuruan

Dwi Nur Yunianti, Raden Sulaiman, Yusuf Fuad, Budi Priyo Prawoto

Abstract


Pembelajaran secara kontekstual dapat ditingkatkan melalui literasi numerasi karena karena memungkinkan siswa untuk menghubungkan pengetahuan matematika dengan situasi nyata yang siswa hadapi dalam kehidupan sehari-hari.. Kemampuan literasi numerasi ini penting karena peserta didik perlu mengembangkan keterampilan logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan untuk memahami, memilah, dan menggunakan informasi secara kritis. Pemodelan matematika merupakan jenis pemecahan masalah khusus yang menyangkut masalah yang berkaitan dengan sains atau situasi kehidupan sehari-hari. Permasalahan muncul berkaitan dengan kemampuan siswa yang berhubungan dengan kegiatan pemodelan dan mengkaitkannya ke materi matematika tertentu atau situasi kehidupan nyata seperti kesulitan siswa menggunakan konsep persentase dalam kehidupan nyata. Selain itu, sebagian besar guru juga mempertanyakan relevansi pemodelan matematika, padahal alasan utama diterapkannya pemodelan matematika dalam pendidikan adalah agar matematika sekolah relevan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tim pelaksana melakukan kegiatan  penguatan penyusunan soal tugas berorientasi pemodelan matematika dan literasi numerasi bagi guru-guru SD di Pasuruan yang bertujuan untuk menguatkan kompetensi guru dalam penyusunan soal tugas berorientasi pemodelan matematika dan literasi numerasi. Kegiatan diadakan dalam bentuk pemberian materi dan penugasan. Hasil kegiatan tersebut adalah nilai rata-rata pretest dan postest peserta menunjukkan peningkatan dari 59,9 untuk nilai pretest ke 66,4 untuk nilai postest.

Keywords


wolfram cloud; pembelajaran matematika; pelatihan guru

Full Text:

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan

Dasar dan Menengah

Sullivan, P., Davidson, A., 2014, The Role of Challenging Mathematical Tasks in Creating

Opportunities for Student Reasoning, Curriculum in focus: Research guided practice (Proceedings of the 37th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia), pp 605–612

Voskoglou, M. G., 2021, Problem Solving and Mathematical Modelling, American Journal of Educational Research, 9(2), 85–90.

Dundar, S., Gokkurt, B.,Soylu, Y., 2012, Mathematical Modelling at a Glance: A Theoretical Study, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 3465–3470.

Berget, I. K. L. , 2023, Mathematical modelling in the discourses of the KOM and PISA frameworks and teacher interviews, Research in Mathematics Education, 1–18.

Masfufah, R., Afriansyah, E. A., 2021, Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300

Aritonang, I., Safitri, I., 2021, Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 735-743.

Harefa, A. D., Lase, S., Zega, Y., 2023, Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Page 144–151.

Iqrima, Zulkarnain, I., Kamaliyah., 2023, Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa, Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39–50

Ridzkiyah, N., Kiki N. S. E., 2023, Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa), Jipmat : vol. 6, no. 1, 2021, pp. 1-13.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i1.8338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats