Penguatan Konten Matematika Materi Fungsi Komposisi Pada Siswa Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand

Raden Sulaiman, Dwi Nur Yunianti, Rudianto Artiono

Abstract


Penguasaan terhadap konten pembelajaran menjadi salah satu aspek krusial dalam proses belajar mengajar. Siswa di tingkat sekolah memerlukan pemahaman yang mendalam serta penguatan materi yang tepat pada setiap topik pembelajaran. Ketika konsep-konsep matematika telah dipahami secara benar, siswa akan lebih mudah dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Hal ini pada akhirnya dapat mendorong peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran tersebut. Pada dasarnya tenaga pendidik di SIB Thailand telah memberikan pemahaman matematika sesuai dengan materi yang ada pada kurikulum. Akan tetapi, miskonsepsi materi matematika khususny materi fungsi komposisi bisa saja dialami oleh siswa-siswa SIB Thailand. Oleh karena itu, tim pelaksana mengadakan kegiatan penguatan konten matematika untuk siswa-siswa di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional. Tahapan kegiatan mulai koordinasi dengan pihak sekolah, persiapan materi, angket, dan penganalisaan hasil. Kegiatan tersebut dikatakan berhasil karena rata-rata hasil post test siswa aadalah 70 dan  80% siswamenyatakan proses kegiatan berjalan baik/sangat baik berdasarkan materi yang disampaikan narasumber, cara penyampaian dan sikap narasumber.

Keywords


Penguatan konten matematika, fungsi komposisi, Sekolah Indonesia Bangkok (SIB)

Full Text:

References


Santrock, John. 2011. Educational Psychology. 5th ed. New York: McGraw-Hill.

Höft, Lars, dan Bernholt, S. 2019. ―Longitudinal Couplings between Interest and Conceptual Understanding in Secondary School Chemistry: An Activity-Based Perspective.‖ International Journal of Science Education. Vol. 41(5), pp: 607–27.

Barmby, Patrick, David Bolden, dan Lynn Thompson. 2014. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Understanding and Enriching Problem Solving in Primary Mathematics. Northwich: Critical Publishing Ltd.

Suparno. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika, Jakarta: Grasindo.

Neidorf, T., Arora, A., Erberber, E., Tsokodayi, Y., dan Mai, T. 2020. Student Misconceptions and Errors in Physics and Mathematics: Exploring Data from TIMSS and TIMSS Advanced. Springer.

Ridho, M.H., dan Juandi, D. 2020. Systematic Literature Review: Identification of Misconceptions in Mathematics Learning,” Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci., 10 (6), 127–145.

Walida, S.E., dan Hasana, S.N. 2020. The Identification of Students’ Misconceptions in Mathematical Induction. J. Educ. Learn. Math. Res, vol. 1, no. 2, 50–57.

Utami, A. S. 2018. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan komposisi fungsi di SMK Bakti Purwokerto. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 3(2).

Kolins, A. Y., Wahyuningsih, W., Safrudin, N., & Rusdin, M. E. 2020. Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada fungsi komposisi dan fungsi invers. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(2), 86-95.

Fitri, F. 2020. Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Komposisi Fungsi Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education. 3. 87-95. 10.30605/cjpe.322020.314.

Karlina, D. P., Azainil, A., & Sugeng, S. 2022. Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Pecahan Pada Komposisi Dan Invers Fungsi. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 31-40.

Jannah, W., Annajmi, A., Afri, L. E. 2023. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dadam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Komposisi Kelas X SMAN 3 Rambah Hilir. Jurnal Edu Research, 12(2), 28-39.

Pramesti.P., Ferdianto. F. 2021. Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi

Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh. JPMS, 7(2), 74–79.

Rahmayanti, A., Basir, M.A., dan Wijayanti, D. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Fungsi Komposisi Sebagai Alternatif Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(2), 57–64.

Darmawati, M. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Fungsi Komposisi Peserta Didik Kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Meulaboh dengan Pendekatan Konstruktivis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial Agama (JIPSA), 9(3).




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i3.8593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats