Desain Smart City Model Penerangan Area Parkir Menggunakan Metode Sel lampu LED Hemat Energi Dikontrol Dengan Mikrokontroler

Sarono Widodo, Agus Rochadi, Muhammad Anif

Abstract


Penggunaan lampu sebagai penerangan rumah, gedung perkantoran, taman, parkir dan jalan umum masih sebagian besar mengkonsumsi daya yang relatif besar sehingga kebutuhan energinya juga besar. Perlu diupayakan bagaimana mengkonsumsi energi sehemat mungkin dalam kondisi keterbatasan energi. Penggunaan lampu dalam area parkir yang masih menggunakan lampu berdaya tinggi dan penyalaannya yang bersamaan tentu sangat memboroskan energi. Desain untuk smart city dalam penerangan parkir dengan penggunaan daya rendah untuk penerangan sehemat mungkin. Metode yang digunakan adalah mengatur penyalaaan lampu secara sel/kelompok pada titik-titik penerangan secara bertahap dan digunakan jenis lampu LED. Metode penerangan sel dan penggunaan lampu LED berdaya rendah ini akan terjadi penghematan dari sisi konsumsi daya. Desain yang dibuat mencakup penempatan lampu dalam model area parkir, rancangan sistem kontrol menggunakan mikrokontroler dan antarmuka kontrol lampu.


Full Text:

References


Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2012 tentang Penghematan Pemakaian Tenaga Listrik (http://prokum.esdm.go.id/permen/2012/No.13 Tahun 2012.pdf)

Endro W, Sarono W, Samuel B, Sindung, Suhendro., 2010. Rancang Bangun Model Sumber Energi Hibrida Terpadu Dilengkapi Dengan Sistem Pemantau Lewat SMS Gateway,penelitian Polines.

Achmad S, Bambang ES, Sarono W,2015.Analisis pengaturn dan monitoring intensitas tata cahaya pada studio TV untuk membantu proses kegiatan dalam studio berbasis mikrokontroller ATMEGA 8535,Tugas Akhir Program Studi Teknik telekomunikasi Polines.

Eni DW, Sarono W, Helmy,Subuh P,Taufiq,2015, Desain otomatisasi intensitas cahaya lampu penerangan jalan berdasarkan keberadaan pengguna jalan, penelitian Polines.

Sarono W,Eni DW,Subuh P,helmy,taufiq,2016,Rancang bangun lampu duduk menggunakan LED dengan tiga level pencahayaan untuk mendukung industri kreatif kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional FDI 2016, hal:AEK 27-32,ISSN.2460-5271.

Hanum Nayomi,2013,Peluang Pemanfaatan Lampu LED Sebagai Sumber Penerangan, skripsi, Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia.

Ardiyanto,Nurfiana, 2015,Sistem Kontrol Intensitas Cahaya Pada Kandang Puyuh Berbasis Arduino Uno, Jurnal Informatika,Juni,vol.15,No.1, pp. 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Sekretariat:

2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017
Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M)
Politeknik Harapan Bersama Tegal

Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Tegal
Telp: +62283 - 352000
Email: senitharber2017@gmail.com
Website: http://senit2017.poltektegal.ac.id/