Analisis Perangkat Pembelajaran Group Investigation Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kalkulus

M. Taufik Qurohman

Abstract


Dengan melihat hasil pembelajaran Dosen prodi DIII Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Tegal terlihat kurangnya pemahaman mahasiswa dalam mencerna masalah matakuliah kalkulus. Tujuan penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Group Investigation berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Jenis perangkat yang dikembangkan adalah : (1) Silabus; (2) Rencana Pembelajaran Semester (RPS); (3) Modul dan (4) Lembar Kerja (LK), dan (5)Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi DIII Teknik Mesin. Variabel independent penelitian ini adalah kemandirian dan keterampilan Pemecahan masalah, sedangkan variabel dependent adalah hasil tes kemampuan memecahkan masalah (TKPM). Perangkat pembelajaran valid berdasarkan rata-rata skor validasi ahli dan perangkat pembelajaran praktis dilihat pada rata-rata skor kepraktisan dari angket respon mahasiswa sedangkan untuk perangkat pembelajaran yang efektif menggunakan uji proporsi, uji regresi dan uji banding. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, dengan rata-rata nilai validasi 3,25 dengan skor tertinggi 4; (2) perangkat dikatakan praktis karena respon mahasiswa positif dengan skor 83,92 dan kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran dengan skor 4,41 termasuk sangat tinggi; (3) penggunaan perangkat pembelajaran  model Group Investigation berbasis RME adalah efektif, ditandai dengan tercapainya: (a) Mahasiswa mencapai ketuntasan secara individual (nilai diatas 78) maupun klasikal, (b) Kemampuan kemampuan pemecahan masalah kalkulus pada kelas yang menggunakan perangkat model Group Investigation berbasis RME lebih baik dibanding kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas dengan metode konvensional, (c) Adanya pengaruh secara bersama – sama karakter kemandirian dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matakuliah kalkulus sebesar 80,1%.


Full Text:

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.Edisi Revisi IV. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Depdiknas. 2008. Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Istikomah, dkk. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. Journal Pendidikan Fisika Indonesia, Universitas Negeri Semarang,Vol.6, 40-43.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud

Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum Matemátika dan Pembelajaran Matemátika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Orthon, A. 1991. Learning Mathematics: Issue, Theory and Classroom Practise (second edition). New York: Cassel

Prayito. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Kontruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. Aksioma, Volume 2. No 2. Hal 1-9.

Rahmawati, Fitriana. 2013. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Kumpulan makalah seminar semitara FMIPA universitas Lampung 2013 , 225-238. Diambil 10 April 2016 dari World Wide Web:

http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/view/882.

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Volume 3 No. 1. Hal 59-72.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno. 2013. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Universitas Negeri Semarang.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Common Text Book ( Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer ). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Sekretariat:

2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017
Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M)
Politeknik Harapan Bersama Tegal

Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Tegal
Telp: +62283 - 352000
Email: senitharber2017@gmail.com
Website: http://senit2017.poltektegal.ac.id/