Peran Kader Posyandu Sebagai Agen Perubahan Perilaku Pada Ibu Hamil Dalam Upaya Menekan Angka Kematian Ibu Dan Bayi

Agus Susanto

Abstract


Pemerintah Indonesia berupaya menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi yang baru lahir (AKI dan AKB). Salah satu upaya untuk menekan AKI & AKB adalah dengan pelaksanaan program Posyandu di daerah. Keberadaan ini diharapkan memberikan dampak yang signifikan dalam menekan AKI & AKB. Kader posyandu dapat bertindak sebagai agen perubahan yang bertugas menumbuhkan kesadaran ibu hamil akan penting perilaku sehat selama masa kehamilan. Penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran tentang peran kader posyandu sebagai agen perubahan dalam upaya menekan angka kematian ibu dan anak (AKI & AKB). Penelitian dilakukan dengan partisipan kader posyandu di Kecamatam Margadana, Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi serta ditunjang dengan data sekunder yang mendukung. Penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini menghasilkan gambaran bahwa kader-kader posyandu di Kecamatan Margadana telah aktif sebagai agen perubahan. Peranan kader posyandu dalam menekan AKI dan AKB meliputi melakukan kegiatan pendataan (arsip), bertindak sebagai komunikator kesehatan, melakukan pendekatan dan persuasif, melakukan visitasi, menjadi penghubung dan mengadakan pengawasan dan evaluasi.


Full Text:

References


Departemen Kesehatan RI, 2006, Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu, Jakarta: Departemen Kesehatan.

Depkes, 2012. Ayo ke Posyandu Setiap Bulan: POSYANDU Menjaga Ayo ke Anak dan Ibu Tetap Sehat.

Yulifah, Rita. 2014. Asuhan Kebidanan Komunitas. Jakarta: Salemba Medika

Nasir, M., 2008. Peran Posyandu Dalam Penyebaran Informasi Tentang Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi Di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhoksemawe, Tesis, Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara.

Anwar, Syaiful dan Widyaiswara Utama, 2013, Agen Perubahan dalam http://www.bppk.kemenkeu.go.id/images/file/pusbc/Artikel/2013_AGEN_PERUBAHAN.pdf diakses pada 16/5/2016

Nasution, Zulkarimein . 1996. Komunikasi Pembangunan, Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dayanti, Lestianingsih Dwi, Frida Kusumastuti dan Ratih Puspo, 2016, Hubungan Masyarakat, Jakarta: Universitas Terbuka

Susanto, Agus. 2016. Komunikasi Dalam Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (Toga) Di Kecamatan Margadana. Jurnal Para Pemikir Vol. 6 No. 2.

PKK Kecamatan Margadana. 2016. Laporan Pelaksanaan Kegiatan PKK 2015. Tegal : --


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Sekretariat:

2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017
Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M)
Politeknik Harapan Bersama Tegal

Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Tegal
Telp: +62283 - 352000
Email: senitharber2017@gmail.com
Website: http://senit2017.poltektegal.ac.id/