Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Hipertensi Dalam Penggunaan Obat Di RSUD Kardinah

Rosaria Ika Pratiwi, Meliyana Perwitasari

Abstract


Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah arteri yang persisten, yang disebabkan oleh penyebab spesifik atau mekanisme patofisiologi yang tidak diketahui penyebabnya. Penyakit hipertensi lebih banyak diderita oleh negara sedang berkembang termasuk Indonesia. Kepatuhan penggunaan obat sangat berperan dalam pengobatan hipertensi jangka panjang untuk menurunkan risiko terjadinya komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan pasien, keterjangkauan akses pelayanan kesehatan, dan peran petugas kesehatan dengan kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode random samples dengan teknik simple random sampling. Data kualitatif hasil wawancara mendalam terhadap petugas kesehatan. Data kuantitatif hasil survei kuesioner terhadap pasien untuk mengetahui faktor pengetahuan pasien, peran petugas kesehatan, dan akses pelayanan kesehatan. Data kualitatif dan data kuantitatif digunakan sebagai acuan untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pasien hipertensi dalam penggunaan obat. Pengukuran kepatuhan pengobatan menggunakan metode MMAS (Modified Morisky Adherence Scale) yang terdiri dari 8 butir pertanyaan. Dari hasil analisis, faktor tingkat pengetahuan pasien hipertensi (P value = 0,000) dan peran petugas kesehatan (P value = 0,000) memiliki hubungan dengan kepatuhan minum obat antihipertensi. Faktor keterjangkauan akses pelayanan kesehatan (P value = 0,588) tidak berhubungan dengan kepatuhan minum obat antihipertensi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepatuhan pasien hipertensi dalam penggunaan obat antihipertensi dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan pasien tentang hipertensi dan peran petugas kesehatan.


Full Text:

References


Depkes RI, 2003, Pedoman Tata Laksana Gizi Lansia Untuk Tenaga Kesehatan, Jakarta, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Elmiani, Sewang, N., Darmawan, S., 2014, Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Dalam Menjalani Diet Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Larompong Kabupaten Luwu, Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, Vol 4 (2);213-220.

Fitria, N.A., Wahiddudin, Jumriani, A., 2014, Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Berobat Hipertensi Pada Lansia di Puskesmas Pattingalloang Kota Makassar, Skripsi

Olusegun, A.B., et al, 2010, Impact of Patient’s Knowledge, Attitude and Practices on Hipertension on Compliance With Antyhipertensive Drugs in a Resource – Poor Setting, TAF Preventive Medicine Bulletin, Vol 9(2);87-92.

JNC 7, 2003, The seventh report of the Joint National Committee on prevention, decection, evaluation, and treatment of high blood pressure, JAMA, 289: 2560-2571.

Depkes RI, 2013, Pedoman Teknis Penemuan dan Tata Laksana Penyakit Hipertensi, Jakarta.

Sukarmin, 2016, Pengaruh Terapi Healing Touch Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Di Desa Tulakan Donorojo Jepara, Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, Vol 7, No 1 (2016).

Morisky, D., dan Munter, P., 2009, New Medication Adherence Scale Versus Pharmacy Fill Rates in Senior With Hipertention. American Journal Of Managed Care, 15(1): 59-66.

Evadewi, P.K.R. & Sukmayanti, L.M.K., 2013, Kepatuhan mengonsumsi obat pasien hipertensi di Denpasar ditinjau dari kepribadian tipe A dan tipe B, Jurnal Psikologi Udayana, 1(1): 32-42.

Puspita, E., 2016, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Penderita Hipertensi dalam Menjalani Pengobatan, Skripsi, FKM UNNES, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Sekretariat:

2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017
Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M)
Politeknik Harapan Bersama Tegal

Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Tegal
Telp: +62283 - 352000
Email: senitharber2017@gmail.com
Website: http://senit2017.poltektegal.ac.id/