Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Berdasarkan Pelayanan Informasi Obat Di Apotek Nur Bunda Tegal

Sari Prabandari

Abstract


Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan, penting halnya terdapat pelayanan informasi obat dari petugas farmasi ke pasien untuk mencegah terjadinya medication error (kejadian yang tidak diharapkan) dalam menggunakan obat. Tujuan dari pelayanan informasi obat sendiri adalah agar farmasis dapat menjelaskan dan menguraikan (explain and describe) penggunaan obat yang baik dan benar bagi pasien sehingga tujuan terapi pengobatan dapat tercapai dan pasien merasa aman dengan obat yang dikonsumsi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental berupa penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode angket dan instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah primer. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Dari hasil penelitian menunjukkan gambaran pelayanan informasi obat petugas farmasi terhadap kepuasan pasien di Apotek Nur Bunda Kota Tegal dapat dilihat sebagai berikut : Petugas menjelaskan cara pakai obat memiliki persepsi jawaban responden paling tinggi yaitu sangat puas sebesar 42%, Petugas menjelaskan Aturan Pakai Obat memiliki pesepsi jawaban responden paling tinggi yaitu sangat puas sebesar 50%, Petugas menjelaskan indikasi atau kegunaan obat memiliki persepsi jawaban responden paling tinggi yaitu sangat puas sebesar 46%, Petugas menjelaskan indikasi atau kegunaan obat memiliki persepsi jawaban responden paling tinggi yaitu puas sebesar 40%, Petugas menjelaskan efek samping memiliki persepsi jawaban responden paling tinggi yaitu sangat puas sebesar 37%, Petugas menjelaskan penggantian obat sejenis apabila stok obat habis memiliki persepsi jawaban responden paling tinggi yaitu cukup puas sebesar 37%, Petugas menjelaskan penyimpanan obat setelah digunakan memiliki persepsi jawaban responden paling tinggi yaitu puas sebesar 36%.


Full Text:

References


Pusat Bahasa. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. http://kamusbahasaindonesia.org/ . diunduh 21 November 2016.

Rahmani, V.F. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: RSU Bhakti Asih Tangerang). Skripsi.Bogor :Institut Pertanian Bogor.

Siregar, C. J. P. 2005. Farmasi Klinik Teori dan Penerapan.Jakarta : Penerbit buku kedokteran, EGC.

Sri Hartini, Y. 2009. Relavansi Peraturan Dalam Mendukung Praktek Profesi Apoteker di Apotek. Jakarta: Majalah Ilmu Kefarmasian.

Sugiyono. 2014 .Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kock, B.D.D. 2012.Analisis Pemberian Pelayanan Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi Obat Di Apotek Di Kota Kupang.Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Rahman, Didi.2013. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi (KIE) Obat Dengan Resep Oleh Tenaga Farmasi Di Instalasi Farmasi RSI PKU Muhammadiyah.KTI.Palangkaraya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Zairina, Elida dkk.2005.Tingkat Kepuasan Pasien Setelah Pemberian Komunikasi Informasi Dan Edukasi (KIE) Oleh Apoteker Di Apotek Di Kodya Surabaya.Surabaya : Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Sekretariat:

2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017
Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M)
Politeknik Harapan Bersama Tegal

Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Tegal
Telp: +62283 - 352000
Email: senitharber2017@gmail.com
Website: http://senit2017.poltektegal.ac.id/