BCVPENINGKATAN PEMAHAMAN ORANG TUA TENTANG TIDUR SIANG PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI TK ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO
Yulia Rachmawati, Sunanto Sunanto
Abstract
Tidur sebagai kebutuhan fisiologis yang terjadi karena perubahan stuktur kesadaran yang ditandai tingkat kesadaran dan respon terhadap stimuli. Dalam pelaksanaannya beberapa masyarakat Indonesia ada yang mengeluh mengenai kualitas tidur mereka seperti para pekerja malam, para pekerja shift dan lain sebagainya. Adanya gangguan tidur berarti individu belum mampu memenuhi kebutuhan dasarnya. Masalah-masalah yang muncul karena gangguan tidur jika tidak diatasi dengan segera, akan mengganggu kesehatan fisik dan emosi yang akan menurunkan kesehatan mereka.Tujuan program kemitraan masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang tidur siang agar bisa menerapakannya dan dapat menghasilkan manfaatnya untuk tingkat kecerdasan logika anak sehingga tumbuh kembang anak menjadi lebih maksimal. Metode yang digunakan berupa penyuluhan kesehatan dengan menggunakan 2 mitra yaitu TK Zainul Hasan Genggong dan TK Aziziah Zainul Hasan Genggong. Hasil dari kegiatan ini yaitu adanya peningkatan pemahaman orang tua tentang tidur siang pada anak usia 3-5 tahun yang semula mereka tidak tahu akan manfaat dari tidur siang dan sekarang mereka menjadi tahu tentang manfaat tidur serta dapat menerapakannya pada anak mereka. Indikator keberhasilan program kemitraan masyarakat berupa pemahaman dari orang tua tentang tidur siang pada anak usia 3 – 5 tahun untuk meningkatkan kecerdasan logika pada anak.
Full Text:
References
Agustin, Destiana. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Tidur Pada Pekerja Shift Di PT Krakatau Tirta Industri Cilegon. (Skripsi), UI, Depok
Azalia, (2017). Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Usia 5-12 tahun. Artikel Kesehatan Anak; Majalah Wanita Online. http://artikelkesehatananak.com/manfaat-tidur-siang-bagi-anak-usia-5-12-tahun.html (diaksespadatanggal 11 September 2017).
Mubarak, dkk, (2007), Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan Aplikasi dalam Praktik. Jakarta: EGC
Potter, P.A. & Perry, A.G., (2005). Fundamental Nursing; concepts, process, and practice; 6th ed., St. Louis: Mosby Year book
Rebecca, Spencera; Laura Kurdziela; Kasey Duclosb,c. (2013). Sleep spindles in midday naps enhance learning in preschool children. PNAS. Vol. 110 No. 43 | 17267–17272