Induksi Teknologi Visualisasi Katalog Produk Sebagai Strategi Pemasaran Pada Industri Kreatif Kerajinan Tangan di Desa Kuwel Keprabon
Eko Purwanto, Bangun Prajadi Cipto Utomo
Abstract
Kegiatan ini memeiliki tujuan untuk megimplementasikan teknologi kepada masyarakat yang terdiri dari aplikasi katalog produk digital. Kegiatan ini memiliki target untuk memanbtu memasarkan produk kerajinan tangan dengan menerapkan aplikasi katalog produk digital. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini dengan beberapa tahap yanga akan dilekukan diantaranya (1) Menyusun Bahan Pelatihan/Materi, (2) Kegiatan Pelaksanaan Pelatihan, (3) Kegiatan mempersiapkan peralatan untuk implementasi program, (4) Kegiatan mendampingi mitra dan (5) Kegiatan monitoring dan evaluasi. Pada tahap penyusunan materi tim akan menyusun modul penggunaan aplikasi katalog digital. Pembuatan modul akan dilengkapi dengan materi presentasi yang akan digunakan pada sesi pelatihan. Tahap pelatihan menggunakan metode diskusi dan demonstrasi agar mitra dapat dengan mudah mengerti mengenai materi yang disampaikan. Tahap ini akan dikonsentrasikan untuk pengenalan katalog produk yang akan ditransfer kepada mitra taitu dengan menerapkan aplikasi katalog digital. Tahap persiapan implementasi program adalah inti dari kegiatan. Tahap ini tim dan mitra akan bekerja sama untuk implementasi program yang terdiri dari penggunaan pembuatan katalog produk digital. Tahap pendampingan dilakukan tim pengabdian dari proses implementasi program yang meliputi penggunaan katalog produk digital. Tahap monitoring akan dilakukan tim pengabdian secara berkala dan berkelanjutan. Pada tahap awal monitoring akan dilakukan setiap bulan sekali untuk melihat kemajuan mitra dalam implementasi program.
. Anonim. (2011, Oktober selasa). https://bisnisukm.com/memanfaatkan-kain-perca-sebagai-peluang-usaha.html. Dipetik Agustus kamis, 2019, dari https://bisnisukm.com
. Silalahi, M. L. (2015). Pengembangan Strategi Marketing Mix pada Seni Pertunjukan Pragina Gong dalam Industri Kreatif Indonesia. Yogyakarta: Tesis ISI Yogyakarta.
. Putra, D. P., Alhamdani, M., & Gunawan, I. (2013). Pusat Industri Kreatif di Kota Pontianak. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur "Langkau Betang" Vol 1 No 1, 1-2
. Lukmandono, Tontowi, A. E., Sudiarso, A., & Utomo, H. (2015). Penentuan Kriteria Daya Saing Industri Kreatif dengan Analytical Hierarchy Process. Seminar Nasional IENACO 2015, (hal. 455-462)
. Suci Wulandari. (2018, Oktober selasa). https://www.fokusjateng.com/2018/10/23/desa-keprabon-polanharjo-klaten-jadi-sentra-berbagai-kerajinan-produksinya-tembus-pasar-luar-negeri/. Dipetik Agustus kamis, 2019, dari https://www.fokusjateng.com
. Purwanto, E., Bangun, P. C. U., Pipin, W. (2019).Induksi Teknologi pada Industri Kreatif Kampung Sentra Blangkon: Promosi, Pengelolaan Pemesanan dan Penjualan. Jurnal Abdimas PHB, 2 (2): 15-20