Manajemen Pemasaran Modern Bagi Usaha Kecil Menengah di Kelurahan Slerok Kota Tegal

Hesti Widianti, Mohammad Alfian, Erni Unggul Sedya Utami

Abstract


Usaha kecil menengah (UKM) dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang signifikan para pelaku bisnisnya pun menghasilkan jenis produk yang beragam. Usaha kecil menengah menjadi salah satu terobosan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah tengah masyarakat untuk mencapai kesejahteraan hidup yang memadai. Usaha kecil menengah menjadi penopang perekonomian Indonesia, karena membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat Kemandirian masyarakat seperti para pelaku bisnis UKM ini diharapkan akan mampu mengurangi angka pengangguran, jika melihat fakta lapangan pekerjaan yang semakin terbatas dengan jumlah tenaga kerja yang belum terserap terus bertambah. Kondisi persaingan pasar yang kompetitif menjadi aspek yang tidak lepas dari perhatian, UKM harus saling bersaing untuk mampu menjadi yang diminati pasar, belum lagi harus bersaing dengan perusahaan besar. Dalam perjalananya untuk berkembang lebih maju, para pelaku bisnis UKM tidak lepas dari kendala-kendala. Sehingga diperlukan campur tangan dari pemerintah maupun swasta untuk mendorong perkembangan yang diharapakan bersama. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah Memberikan Pelatihan dan Pendampingan Manajemen  Pemasaran   Bagi UKM di Kelurahan Slerok Tegal dan UKM  Dapat mengetahui Jenis pemasaran Modern sedangkan Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan penyuluhan pengetahuan mengenai Pemasaran Modern dan Pelatihan Pemasaran On Line di Lab Komputer hasilnya hasilnya berupa Penyuluhan (Modul Pemasaran Modern) dan Pelatihan Pemasaran Online (Modul)


Keywords


UKM, Manajemen, Pemasaran Modern

Full Text:

References


Subanar, 1992, Permasalahan Usaha Kecil Menengah, Surabaya: Dinas/Kanwil Perindustrian Jawa Timur.

Philip Kotler, 1995, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Basu, S,. & Irawan, H. 2012. Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke-2. Yogyakarta: Liberty Offset

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:

Alfabeta.

https://id.wikipedia.org/wiki/Slerok,_Tegal_Timur,_Tegal




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v4i2.2810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats