Manajemen Pemasaran Modern Bagi Usaha Kecil Menengah di Kelurahan Slerok Kota Tegal
Hesti Widianti, Mohammad Alfian, Erni Unggul Sedya Utami
Abstract
Usaha kecil menengah (UKM) dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang signifikan para pelaku bisnisnya pun menghasilkan jenis produk yang beragam. Usaha kecil menengah menjadi salah satu terobosan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah tengah masyarakat untuk mencapai kesejahteraan hidup yang memadai. Usaha kecil menengah menjadi penopang perekonomian Indonesia, karena membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat Kemandirian masyarakat seperti para pelaku bisnis UKM ini diharapkan akan mampu mengurangi angka pengangguran, jika melihat fakta lapangan pekerjaan yang semakin terbatas dengan jumlah tenaga kerja yang belum terserap terus bertambah. Kondisi persaingan pasar yang kompetitif menjadi aspek yang tidak lepas dari perhatian, UKM harus saling bersaing untuk mampu menjadi yang diminati pasar, belum lagi harus bersaing dengan perusahaan besar. Dalam perjalananya untuk berkembang lebih maju, para pelaku bisnis UKM tidak lepas dari kendala-kendala. Sehingga diperlukan campur tangan dari pemerintah maupun swasta untuk mendorong perkembangan yang diharapakan bersama. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah Memberikan Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Pemasaran Bagi UKM di Kelurahan Slerok Tegal dan UKM Dapat mengetahui Jenis pemasaran Modern sedangkan Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan penyuluhan pengetahuan mengenai Pemasaran Modern dan Pelatihan Pemasaran On Line di Lab Komputer hasilnya hasilnya berupa Penyuluhan (Modul Pemasaran Modern) dan Pelatihan Pemasaran Online (Modul)
Keywords
UKM, Manajemen, Pemasaran Modern
Full Text:
References
Subanar, 1992, Permasalahan Usaha Kecil Menengah, Surabaya: Dinas/Kanwil Perindustrian Jawa Timur.
Philip Kotler, 1995, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.
Basu, S,. & Irawan, H. 2012. Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke-2. Yogyakarta: Liberty Offset
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: