Penyuluhan dan Pelatihan Penggunaan Intrumen Diagnosa Kesulitan Belajar Siswa Bagi Guru SDN 2 Tamansari Lombok Barat

Hari Witono, Mansur Hakim, I Nyoman Karma, Heri Setiawan

Abstract


Tujuan pengabdian masyarakat ini agar guru-guru yang menjadi objek pengetahuan menguasai sejumlah pengetahuan (insight) tentang konsep teori dan keterampilan  (skill)  menggunakan instrument dalam  diagnosis kesulitan belajar. Materi pengabdian masyarakat ini menyangkut: (1) Pengertian Instrumen Diagnosis Kesulitan Belajar, (2)  jenis instrument dagnosis, (3) prinsip Penggunaan Instrumen Diagnosis Kesulitan Belajar (4) langkah menggunakan isntrumen Diagnosis Kesulitan belajar, (5) Evaluasi, dan (6) Pelaporan. Strategi yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab atau diskusi dan pendampingan. Pelaksanaan pengabdian ini yaitu pada hari sabtu, 10 Juli 2021 di SDN 2 Tamansari karena SDN 2 Tamansari sedang mengalami renovasi. Peserta sejumlah 15 orang terdiri dari 1 kepala sekolah, 13 guru, dan 1 orang operator sekolah. Acara terlaksana dengan baik dimana materi yang disampaikan. Terlihat data pretes menunjukkan sebanyak 7 orang atau sekitar 46 % tidak memahami, 5 orang atau sekitar 34% peserta kurang memahami, dan hanya 3 orang atau sekitar 20% peserta yang memahami terkait dasar-dasar penggunaan instrumen untuk diagnosa kesulitan belajar siswa SD. Setelah di laksanakan pelatihan terjadi kenaikan pemahaman guru  dimana tinggal 1 orang atau 6% yang belum memahami, 3 orang atau sekitar 20% peserta yang cukup paham, dan 11 orang atau 74 % peserta memahami tentang penggunaan instrumen untuk diagnosa kesulitan belajar siswa SD.

Keywords


penyuluhan, pelatihan, intrumen diagnosis, kesulitan belajar

Full Text:

References


Witono, A. H., Widiade, I. K., & Khair, B. N. (2020). Partisipasi Guru Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SD Kota Mataram NTB. Progres Pendidikan, 1(2), 52-62.

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah dasar (SD). Jakarta: Dirjen Guru dan Tendik.

Setiawan, H., Khair, B. N., Ratnadi, R., Hakim, M., & Istiningsih, S. (2020, August). Developing HOTS-Based Assessment Instrument for Primary Schools. In 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019) (pp. 216-220). Atlantis Press.

Setiawan, H., Nurhasanah, N., Umar, U., Nurmawanti, I., & Fauzi, A. (2021, May). Instrument Development on Character Value Assessment at Grade IV Elementary School Students. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 470-475). Atlantis Press.

Astuti, S., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan kemampuan guru sekolah dasar dalam penyusunan instrumen ranah sikap melalui in house training. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 37-47.

Ramdani, A., Witono, A. H., & Sukardi, S. (2018). Pelatihan Pengisian Instrumen Akreditasi Untuk Peningkatan Mutu Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Wilayah IV. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1).

Witono, A. H., Setiawan, H., Zain, M. I., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2020). Pelatihan Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Bagi Guru SD Negeri Gugus IV Kecamatan Mataram NTB. Jurnal PEPADU, 1(3), 375-382.

Daharnis. (1989). Diagnosis Kesulitan Belajar. Padang: IKIP Padang.

Alang, M. S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam. 2 (1), p. 1-14.

Munawwaroh, M., & Fawaid, A. (2021). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Angsanah I Palengaan Pamekasan. Kamboti Journal of Education Research and Development (KJERD), 1(1), 14-23.

Utami, F. N. 2020. Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Research & Learning in Education. 2 (1), p. 93-101 (https://edukatif.org/index.php/edukatif/index), diakses pada 8 Agustus 2021.

Ismail. 2015. Peningkatan Potensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna, 4 (2), p. 707-709. (http://repository.radenintan.ac.id/12109), diakses pada 8 Agustus 2021.

Ahmadi, Abu dan Widodo, Supriyono. 2002. Psikologi Belajar. Cet. I; Jakarta; PT Rineka Cipta.

Jamaris,Martini. 2013. Kesulitan Belajar ( Perspektif, Assesmen, dan penanggulangannya). Ghalia Indonesia. Jakarta.

Mulyadi, 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus.Nuha Litera. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats