Inovasi Packaging dan Marketing Produk UMKM Rumah Sehat Barokah di Desa Bantrung, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara

Faif Nafif, Pratiwi Puspaningsih, Novia Goning Larasati, Siska Andriani, Linka Rahma Suci, Moch Aminnudin, Jumaiyah Jumaiyah

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PKM), dilaksanakan pada desa yang membutuhkan yaitu Bantrung, Batealit, Jepara. Kegiatan ini kerja sama mahasiswa yang dibimbing oleh dosen Bersama mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rumah Sehat Barokah. UMKM Rumah Sehat Barokah menghasilkan aneka olahan taman obat keluarga (TOGA) seperti, instan lidah buaya, sirup jahe rempah, dan sirup belimbing wuluh, dimana olahan ini sudah beredar di pasaran. Namun belum menjadi produk barkualitas tinggi. Kegiatan PKM ini memiliki tujuan untuk mengoptimalkan cita rasa yang lebih unik olahan TOGA sehingga memiliki nilai jual yang tinggi melalui inovasi packaging dan labeling produk, serta memperluas marketing produk melalui pendampingan marketing secara online bagi UMKM Rumah Sehat Barokah. Tim menggunakan metode yang akan diimplementasikan selama kegiatan berlangsung dengan cara sharing dan mendampingi mitra dalam berinovasi. Output yang direncanakan adalah meningkatnya penjualan produk dari adanya inovasi packaging dan labeling produk, serta bertambah luasnya pasar produk melalui marketing secara online.


Keywords


Inovasi packaging, marketing, produk UMKM

Full Text:

References


Mulyaningsih AM, Ambarwati NSS. Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe vera) Sebagai Bahan Baku Perawatan Kecantikan Kulit. JTR-Jurnal Tata Rias. 2021;11(1):91–100.

Sebayang MM, Dalimunthe NA, Aisyah S. Tambahan Makanan Lidah Buaya Dan Peningkatan Ekonomi Keluarga. Akunt dan Hum J Pengabdi Masy. 2022;1(1):32–5.

Agustin I, Pujiastuti AU, Mizan S. Pemanfaatan Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera) Menjadi Produk Yang Memiliki Nilai Jual di Desa Lombok Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. In: Prosiding SNasPPM. 2018. p. 484–7.

Sushanty VR, Ratnawati S, Sutarman. Pelatihan Meningkatkan Kualitas Produk, Manajemen Dan Pemasaran Minuman Lidah Buaya “Hijau Daun” Di Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. J Abdidas. 2020;1(6):720–8.

Putra RP, Iriananda SW. Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital Produk UMKM Tisya Herbal di Desa Mulyoarjo. In: Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020). 2020. p. 1237–44.

Fatimah A, Neritarani R. Pengembangan Desain Produk Jamu Instan Dan Cair Sebagai Bentuk Peran Ekonomi Kreatif Pada UMKM Kelompok UPPKS Seruni Putih. In: Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2019 [Internet]. 2019. p. 85–90. Available from: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2403

Nurwidiana, Fatmawati W, Masidah E. Pendampingan Proses Produksi dan Kemasan Produk Industri Kecil Minuman Herbal. In: Community Empowerment. 2019. p. 57–65.

Dzakiya N, Fitria RL, A.M ZE, Tsanie RA, Amanda E, Sinaga RM, et al. Optimalisasi Produk Minuman Tradisional Seruputan PKK Putat Wetan dengan Program Kampung Mompreneur. J Abdimas PHB. 2021;4(2):244–9.

Istanti E, Sanusi R. Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan UMKM di Desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. J Komun Prof. 2020;4(2):176–87.

Riyanto OAW, Hindratmo A. Peningkatan Penjualan Umkm Bubuk Jahe Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Perbaikan Kemasan Dan Pemasaran. J Abdikmas [Internet]. 2021;2(1):1–10. Available from: https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/abdikmas/article/view/612%0Ahttps://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/abdikmas/article/download/612/421

Widyamurti N. Pemasaran Pariwisata Melalui Kemasan Produk UKM Standing Pouch Berbahan Paper Metal Di Era Ekonomi Kreatif. J Ind Kreat dan Kewirausahaan. 2018;1(1):1–9.

Rosyidah A, Ediati R, Murwani IK. Diversifikasi Produk Olahan Rumput Laut serta Kemasannya di Kawasan Dolly dan Jarak Kota Surabaya. Sewagati J Pengabdi Kpd Masy. 2021;5(3):198–205.

Winarsih S, Siskarwardani DD, Kusuma H. Perbaikan Label Kemasan Pada Program PKM Sari Sayur dan Buah CV Sari Bhumi Desa Pesanggrahan Kota Batu. E-DIMAS J Pengabdi Kpd Masy. 2021;12(4):619–23.

Ismawati, Wibisono A, Yuniastri R. Perluasan Areal Pemasaran Minuman Instan Viteplus Produksi UD Maju Jaya Sumenep. J Terap Abdimas. 2021;6(2):126–31.

Sofiati, Anggraeni ISK. Strategi Memikat Dan Mempertahankan Pelanggan Melalui Digital Marketing Dan Aplikasi Keuangan Fintech Warung Jamu Tradisional Pada Era Pandemi Covid-19. J Ilm Padma Sri Kreshna. 2021;3(1).




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.2909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats