Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat: Pengembangan Produk dan Pasar Kopi Lelet Rembang
Abstract
Kopi adalah minuman yang berkhasiat bagi tubuh manusia. Kebutuhan akan kopi yang semakin lama semakin meningkat menjadi peluang bisnis bagi UMKM. Akan tetapi peluang tersebut masih memiliki kendala dalam proses pemasarannya. UMKM menggunakan cara yang lama, yaitu menunggu datangnya pembeli. Proses pemasaran menggunakan digitalisasi menjadi hal yang penting dalam era disrupsi, dimana hampir setiap orang memiliki handphone yang akan memudahkan setiap transaksi pembelian, sehingga harapannya akan meningkatkan penjualan produk UMKM Kopi Lelet Rembang. Undip sebagai salah satu inkubator bisnis memiliki kepedulian untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas UMKM. Metode kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dengan pendampingan, yaitu memberikan pelatihan langsung kepada masyarakat selama lebih kurang 1 bulan, dengan memberikan pelatihan dan fasilitas website e-commerce. Indikator ketercapaian program yaitu dengan perubahan mindset UMKM Kopi Lelet dalam hal pentingnya kemampuan manajerial dalam mengelola usaha, profesionalitas serta quality control.
Keywords
References
Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang, (2018), “Data UMKM Industri di Kabupaten Rembang”.
Dewi, Ni Luh Made I.M., I Wayan Budiasa, dan Ida Ayu Listia Dewi. 2015. “Analisis Finansial dan Nilai Tambah Pengolahan Kopi Arabika di Koperasi Tani Manik Sedana Kabupaten Bangli”. E-journal Agribisnis dan Argowisata. Vol. 54, No. 2. hal. 97 – 106.
Ekawati, Zulies. 2016. “Manfaat Dibalik Secangkir Kopi”. Tribun Jogja, 10 Januari 2016, hlm. 13.
Gardjito, Murdijati dan Dimas Rahadian A. 2011. “Kopi”. Yogyakarta: Kanisius.
Halik, Abdul, Sri Budi Kasiyati, Endah Budiarti, dan Ratnaningsih. 2015. “IbM Penggembangan Usaha Warung Kopi Di Deesa Bungah dan Desa Lasem, Kabupaten Gresik”. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya. Vol. 01, No. 2, hal. 97 – 104.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton. diakses tanggal 10 April 2020.
Irjayanti, M. & Azis, A.M. (2012). Barrier Factors and Potential Solutions for Indonesian SMEs. Procedia Economics and Finance. Vol. 4, pp. 3-12.
Kemenristek Dikti. 2019. “Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat”.
Kotler, P.T. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Global Edition, 17th Edition. Pearson.
Kusmindari, D. & Apriyanto, A. (2009). Produktivitas dan Pengukuran Kerja Proses Produksi Medium Dencity Fibreboard (MDF). Jurnal Ilmiah TEKNO, Vol. 6 No. 2, hal. 85-96.
Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Diponegoro. 2018. “Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat”., Edisi V.
Mandala, A. & Raharja, E. (2012). Peran Pendidikan, Pengalaman, dan Inovasi Terhadap Produktivitas Usaha Kecil Menengah. Diponegoro Journal of Management, Vol. 1. No 1, hal 1 – 11.
Panggabean, Edy. 2011. “Buku Pintar Kopi”. Jakarta Selatan: PT Agro Media Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.2921
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.