Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa SD Melalui Program Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi
Dewi Saroh, Uus Uswatusolihah
Abstract
Dampak pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan adalah penerapan kebijakan pembelajaran daring/jarak jauh yaitu aktivitas belajar siswa dilaksanakan di rumah melalui media online. Adapun permasalahan yang timbul adalah kurang efektifnya pembelajaran menggunakan metode daring khususnya bagi anak-anak yang sedang menempuh pendidikan sekolah dasar. Atas dasar permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) DR UIN SAIZU angkatan ke-48 berinisiatif membuat program kerja yaitu bimbingan belajar yang dilaksanakan di Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor. Tujuan program ini adalah untuk memberikan bimbingan dan pendampingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran secara online. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah tatap muka/luring dengan siswa akan tetapi konsisten mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Hasil dari program bimbingan belajar ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Pekaja terkhusus bagi siswa sekolah dasar (SD). Keberhasilan program ini terlihat dari peningkatan nilai akademik siswa dan peningkatan motivasi belajar siswa selama mengikuti kegiatan bimbingan belajar.
Keywords
Bimbingan Belajar, Kualitas Pembelajaran, Pandemi Covid-19, Sekolah Dasar
Full Text:
References
Istiqomah & Jaharudin. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Desa Mariat Pantai. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 2(2), 29-34.
Gurnito. (2016). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter 1(1), 28- 33.
Yuliana, Dyan. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10-19. https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.287.
Kusuma dkk. (2021). Program Bimbingan Belajar Di Pucang Arjo, Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Untuk Siswa Tk Hingga Sd (Sekolah Dasar) Tuition Program in Pucang Arjo, Surabaya As a Means of Enhancing Education Quality for Kindergarten and Elementar. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(1), 58-64. https://doi.org/10.20473/jlm.v5i1.2021.58-64.
Rosaria, D. & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam RT. 31 Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13-19. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751.
Amelia, Jemmy. (2021). Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa. Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk. JUMAT EKONOMI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 76-81. Diakses dari https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1893.
Yuniarti dkk. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Melalui Program Pendampingan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kuwasen. Diakses dari https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3320062015_6_Desa%20Kuwasen_