Pengembangan Digital Marketing UMKM Sepatu Rajut di Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Pada Masa Pandemi Covid-19

Aditya Candra Lesmana

Abstract


Masa pandemi Covid-19 menjadi masa yang sulit bagi UMKM yang ada di Indonesia. Salah satu UMKM yang terdampak adalah UMKM Sepatu Rajut di Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Berkurangnya pesanan pada saat pandemi Covid-19 menyebabkan kemerosotan pendapatan dan menjadi masalah serius bagi keberlanjutan usaha. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan melalui pengembangan digital marketing. Metode yang digunakan adalah partisipatory rural appraisal (PRA) dimana metode ini dilakukan dalam beberapa tahap seperti sosialisasi, penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan terhadap mitra UMKM sepatu rajut. Hasil yang dicapai adalah bertambahnya pengetahuan mitra mengenai strategi penjualan yang dilakukan melalui digital marketing. Mitra juga menjadi lebih mengetahui dan mampu mengoperasikan strategi digital marketing untuk keberlanjutan usaha yang dilakukannya serta mengelola konten yang menarik sebagai media promosi produk di media sosial khususnya media Facebook dan Instagram.


Keywords


Digital Marketing, Media Sosial, UMKM, Pengembangan

Full Text:

References


T. Taufik and E. A. Ayuningtyas, “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online,” J. Pengemb. Wiraswasta, vol. 22, no. 01, p. 21, 2020, doi: 10.33370/jpw.v22i01.389.

A. Hendrawan, H. Sucahyowati, K. Cahyandi, Indriyani, and A. Rayendra, “Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap,” Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, vol. 4, no. 1. pp. 53–60, 2019, [Online]. Available: http://www.jurnal.stikstarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136.

A. Aco and A. H. Endang, “Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,” J. Tek. Inform., vol. 2, pp. 1–13, 2017.

D. Ardianti, W. Wardiani, and L. Adnani, “PKM Pemasaran Online Pada Usaha Sabun Herbal Di Kota Bandung,” Pros. Semin. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 1–12, 2021.

S. Melhem, C. Morell, and N. Tandon, Information and Communication Technologies for Women’s Socio-Economic Empowerment. 2009.

Siswanto and D. B. Raharjo, “Demo Ormas Islam Bubar, Sebelum Pergi, Rizieq Keluarkan Ancaman,” 2016.

J. Gu, B. Han, and J. Wang, “COVID-19: Gastrointestinal Manifestations and Potential Fecal–Oral Transmission,” J. Chem. Inf. Model., vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.1053/j.gastro.2020.02.054.

G. Farell, T. Thamrin, and I. Novid, “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto,” Suluah Bendang J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 19, no. 1, p. 42, 2019, doi: 10.24036/sb.0310.

C. W. Park, A. B. Eisingerich, G. Pol, and J. W. Park, “The role of brand logos in firm performance,” J. Bus. Res., vol. 66, no. 2, pp. 180–187, 2013, doi: 10.1016/j.jbusres.2012.07.011.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.3080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats