Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menggunakan Wolfram Cloud dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Penggunaan wolfram cloud diperlukan untuk mendukung keefektifan pembelajaran matematika selama masa pandemi Covid-19. Software ini dapat digunakan tidak hanya untuk menggambar grafik, visualisasi suara, menganalisa model bidang 3D tetapi juga dalam menyelesaikan permasalahan terkait kalkulus seperti persamaan kuadrat, turunan dan integral. Berdasarkan wawancara dengan beberapa guru matematika di MTsN 3 Jombang, 70% guru belum pernah menggunakan aplikasi wolfram cloud. Oleh karena itu mengingat pentingnya kompetensi guru dalam menguasai teknologi pada suatu pembelajaran maka kegiatan pelatihan wolfram cloud ini perlu diadakan. Berdasarkan hasil pre test dan posttest, terjadi peningkatan pemahaman tentang konsep persamaan kuadrat dan wolfram cloud yaitu dari rata-rata 41,4 menjadi 76,1. Selain itu, seluruh peserta pelatihan menyatakan kegiatan dapat menambah pemahaman terkait wolfram cloud dengan skor 4.46 (skala 5) dan dapat digunakan untuk pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) di sekolah dengan skor 4.23 (skala 5).
Keywords
References
Surat Edararan Mendikbud nomor 36962/MPK.A/HK/2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19. Diakses pada 20 Mei 2020
Komalasari, L.I, 2020, Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat.,Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 2020, 139 – 150
Hidayah, S, 2020, Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Volum 5 Nomor 1 Maret 2020, Hal 7 – 9
Rahmawati, N. D., Nugroho, A. A., & Harun, &. L, 2016, Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Bahan Ajar Wolfram Mathematica Pada Materi Aljabar Linear. Jurnal Euclid, Vol. 6, No. 1, pp. 44. 6(1), 44-52.
Qurrohman, M. Taufik, dkk, 2020, Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa DIII Teknik Mesin dengan Software Wolfram Mathematica. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, No 2, 2020
Shodiqin, A., Zuhri, M. S, 2017, Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sma Berbentuk Tabloid Berbantuan Software Wolfram Mathematica Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Integral. JIPMat, 1(2), 97–103, https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1235
Sunaryo, Y, 2020, Kemampuan representasi matematis melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software wolfram Mathematica. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Volume 4 No 1 2020
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.3103
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.