Workshop Pengembangan Instrumen Penilaian Pengenalan Lapangan Persekolahan Terintegrasi Literasi Pada Masa Pandemi COVID 19 Bagi Guru-Guru Pamong di Kota Mataram

Heri Setiawan, Dadi Setiadi, Muntari Muntari

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian yang akan dilakukan  adalah  untuk Mengembangkan instrumen penilaian kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan PLP terintegrasi literasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melalui workshop yang lebih berbasis pada praktek langsung teknik mengembangkan instrumen evaluasi mahasiswa peserta PLP terintegrasi literasi yang dapat meningkatkan kemampuan dalam mengevaluasi mahasiswa peserta PLP. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan tahapan  sebagai berikut : Studi literatur, analisis kebutuhan guru berupa  pemahaman dan keterampilan guru dalam menyususn instrumen penilaian PLP terintegrasi literasi, pengukuran kemampuan awal guru, mendisain program workshop, pelaksanaan workshop:  berupa kajian pembimbingan peserta PLP terintegrasi literasi, praktek mendisain instrumen evaluasi PLP terintegrasi literasi, pemantauan dan bimbingan di lapangan oleh tim pengabdian pada masyarakat, asesmen tingkat kualitas pelaksanaan dan hasil  workshop peserta dan, penyusunan laporan PPM. Secara keseluruhan dapat disismpulkan bahwa 43 dari 49 guru pamong telah  memiliki pemahaman  secara komprehensif mengenai teknik pengembangan instrumen untuk mengevaluasi proses dan hasil pelaksanaan pengenalan lapangan persekolahan mahasiswa FKIP UNRAM  peserta PLP. Meskipun dalam pelaksanannya secara online, namun peserta tetap antusias dan menikuti dengan maksimal.


Keywords


PLP, Literasi, Instrumen penilaian

Full Text:

References


Kemenristekdikti. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 Tentang Standar Pendidikan Guru; Jakarta :Kemenristekdikti.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, 2017. Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Jufri, W., Setiadi, D., Sukardi, S., Gunawan, G., & Setiawan, H. (2021). Workshop Teknik Pembimbingan Mahasiswa Peserta Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Guru-Pamong Dalam Mendukung Merdeka Belajar. Jurnal PEPADU, 2(3), 329-336.

Supriyono, S., Julianto, J., Suprayitno, S., & Darmawati, E. (2021). STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PLP SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA JURUSAN PGSD FIP UNESA. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1), 23-30.

Jufri, A. W. , Ni M. N. Suryanti, , M. Amin, A. K. Jaelani, D. Setiadi. (2019). Workshop Teknik Pembimbingan dan Penilaian Mahasiswa Peserta Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Guru-Guru Anggota KKG di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI). (2) 2. pp. 133-138

Setiadi, D., Affandi, L. H., Muntari., & Setiawan, H. (2021). Panduan Pengenalan Lapangan Persekolah (PLP) Tematik Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Yang Inklusif. Mataram : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Hellström, L., & Hagquist, C. (2021). School effectiveness in Sweden: psychometric properties of an instrument to measure pedagogical and social climate (PESOC) focusing on pedagogical leadership. International Journal of Leadership in Education, 24(6), 855-875.

Hellström, L., & Hagquist, C. (2015). Psychometric properties of the PESOC-PLP scale, a Swedish teacher instrument measuring pedagogical leadership: A Rasch analysis.

Setiawan, H., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan instrumen asesmen autentik kompetensi pada ranah keterampilan untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 874-882.

Yusuf, A.M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan, Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusaeri. (2014). Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.3105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats