Pelatihan Pemograman CNC Berbasis Simulator Untuk Guru-Guru SMK Rumpun Teknik Pemesinan
Abstract
Computer Numerical Control (CNC) merupakan alat yang banyak digunakan di dunia manufaktur. Sehingga lulusan siswa SMK dituntut untuk menguasai dengan baik pemograman CNC. Maka, penyiapan pengajar di SMK dalam hal ini adalah guru SMK, haruslah memiliki bekal yang cukup dalam pemograman CNC. Masalah lain yang dihadapi SMK adalah kurangnya sarana pendukung pembelajaran CNC. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya unit CNC sebagai sarana pembelajaran. Maka untuk menjembatani masalah ini adalah dengan menggunakan software pendukung pembelajaran CNC. Software sebagai sarana pembelajaran untuk menggantikan unit CNC yang belum tersedia. Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru SMK, maka tim Pengabdian melakukan kegiatan berupa pelatihan pemrograman berbasis simulator. Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta dari berbagai SMK se Surakarta. Pelatihan dilakukan di laboratorium Training Center STT Warga Surakarta. Pelaksanaan pelatihan meliputi; pemahaman dasar CNC, pengenalan dan aplikasi software simulator CNC, pemrograman CNC secara manual maupun dengan software simulator serta latihan dan tugas mandiri. Hasil pelatihan berupa kemampuan peserta input program, editing program, simulasi program serta berlatih logika pemograman CNC yang terbantu dengan adanya software simulator. Hal ini terlihat dari hasil kuisioner pelatihan CNC berbasis simulator meliputi penilaian sangat baik sebesar 36,11%, baik sebesar 61,11%, cukup sebesar 2,78% dan kurang sebesar 0%.
Keywords
References
E. Prianto and P. Herlambang Sigit, “Proses Permesinan Cnc Dalam Pembelajaran Simulasi Cnc,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 62–68, 2017, doi: 10.21831/jee.v1i1.15110.
B. S. H. Purwoko, “Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran dan Pelatihan Pemrograman CNC,” in Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin, 2012, vol. 1, no. Juni, pp. 38–48.
N. A. Susanti and W. D. Kurniawan, “Penerapan Modul CNC I Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin UNESA,” JVTE J. Vocat. Tech. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 45–53, 2020.
R. D. Widodo and Kriswanto, “Pelatihan Pemrograman CNC Berbasis Software CadCam Bagi Guru Teknik Mesin SMK NEGERI 4 SEMARANG,” Rekayasa, vol. 14, no. 2, pp. 109–114, 2016.
F. Riandari, P. S. Hasugian, and A. S. Sitio, “Penyuluhan dan Pelatihan Sistem kerja Otomasi Komputer Kepada Siswa/I di SMA Bayangkari 1 Medan,” Tridarma Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 32–46, 2019.
H. Abizar, M. Fawaid, and S. Nurhaji, “Pelatihan Pengoperasian Mesin CNC Berbasis Swansoft Simulator Kepada Siswa Teknik Pemesinan di Kota Serang,” Pengabdi. pada Masy., vol. 5, no. 2, pp. 309–318, 2020.
A. Deny Nusyirwan, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ),” J. Ilm. Pendidik. Tek. Kejuru., vol. 101, no. 2, p. https://jurnal.uns.ac.id/jptk, 2019.
A. Dudung, S. Priyanto, and A. Lubi, “Pelatihan Praktik Mesin Cnc Bagi Guru-Guru Smk Jakarta,” Sarwahita, vol. 12, no. 1, pp. 19–25, 2015, doi: 10.21009/sarwahita.121.04.
T. Yuliati, “Pelatihan Komputer Grafis Sebagai Upaya Peningkatan Softskill Bidang Desain Dan Editing Pada Stt Dumai,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 26, no. 2, p. 77, 2020, doi: 10.24114/jpkm.v26i2.16448.
A. Asmungi and P. Wismantoro, “Laboratorium cnc berbasis simulasi solusi cerdas akan kebutuhan laboratorium bagi smk pinggiran yang berketerbatasan finansial,” J. Tek. Ind. HEURISTIC, vol. 14, no. 2, pp. 73–82, 2017.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.3116
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.