Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Guru SMK Muhammadiyah 3 Samarinda

Rofilde Hasudungan, Rudiman Rudiman

Abstract


Pengembangan media pembelajaran penting untuk meningkatkan mutu pendidikan, potensi dan kreativitas, karena metode klasik diruang kelas menggunakan buku ajar dan praktik kurang mampu menyelesaikan kendala siswa yang berbeda-beda dalam memahami materi yang diajarkan. Terdapat banyak media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran seperti media pembelajaran berbasis aplikasi, alat peraga dan video interaktif. Tujuan dari kegiatan ini, memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran yakni video interaktif kepada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Samarinda dengan menggunakan aplikasi Camtasia Studio. Kegiatan pelatihan ini berjumlah 12 orang peserta. Berdasarkan pelatihan, para guru telah memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan aplikasi Camtasia untuk membuat video pembelajaran. Kemudian, berdasarkan kuesioner untuk mengetahui tanggapan guru terkait dengan media interaktif, para guru moyoritas setuju bahwa media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa.


Keywords


Media Pembelajaran, Multimedia, Pelatihan Pembuatan Video

Full Text:

References


Rohani, “Diktat Media Pembelajaran,” Fak. Ilmu Tarb. dan Kegur. Univ. Islam Negeri Sumatera Utara, pp. 1–6, 2019.

Azhar Arsyad, Media Pengajaran, no. 1. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1997.

R. Jennah, Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press, 2009.

W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2016.

R. Ariaji, N. Nasirsah, and S. A. Siregar, “Pengembangan Video Pembelajaran Kimia SMA/MA Menggunakan Camtasia Studio 8,” EKSAKTA JurnalPenelitian dan Pembelajaran MIPA, vol. 5, no. 1, pp. 47–55, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/1176/pdf.

N. winanda Aulia and M. Aina, “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa Sma Kelas Xi MIA,” Biodik, vol. 2, no. 1, pp. 20–26, 2016, doi: 10.22437/bio.v2i1.3365.

I. Putra, K. U. Ariawan, and W. Sutaya, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video Cd Interaktif Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web Di Jurusan Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja,” J. Pendidik. Tek. Elektro Undiksha, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2017, doi: 10.23887/jjpte.v6i1.20225.

R. H. Wirasasmita and Y. K. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash,” EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 35–43, 2018, doi: 10.29408/edumatic.v1i2.944.

T. Widya, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pertempuran Di Surabaya Untuk Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Kalitidu- Bojonegoro,” J. Pendidik. Sej., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2012.

Rohani, “Diktat Media Pembelajaran,” Fak. Ilmu Tarb. dan Kegur. Univ. Islam Negeri Sumatera Utara, pp. 1–6, 2019.

Azhar Arsyad, Media Pengajaran, no. 1. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1997.

R. Jennah, Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press, 2009.

W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2016.

R. Ariaji, N. Nasirsah, and S. A. Siregar, “Pengembangan Video Pembelajaran Kimia SMA/MA Menggunakan Camtasia Studio 8,” EKSAKTA JurnalPenelitian dan Pembelajaran MIPA, vol. 5, no. 1, pp. 47–55, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/1176/pdf.

N. winanda Aulia and M. Aina, “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa Sma Kelas Xi MIA,” Biodik, vol. 2, no. 1, pp. 20–26, 2016, doi: 10.22437/bio.v2i1.3365.

I. Putra, K. U. Ariawan, and W. Sutaya, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video Cd Interaktif Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web Di Jurusan Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja,” J. Pendidik. Tek. Elektro Undiksha, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2017, doi: 10.23887/jjpte.v6i1.20225.

R. H. Wirasasmita and Y. K. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash,” EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 35–43, 2018, doi: 10.29408/edumatic.v1i2.944.

T. Widya, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pertempuran Di Surabaya Untuk Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Kalitidu- Bojonegoro,” J. Pendidik. Sej., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2012.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.3124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats