Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Dengan Metode Token Ekonomi di Desa Banding Agung
Siti Patmawati, Rina Oktaviana, Sawi Sujarwo
Abstract
Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan dalam akulturasi diri (eksplorasi segala kemampuan dalam diri). Metode token ekonomi adalah suatu bentuk modifikasi perilaku yang dirancang bagi individu guna meningkatkan perilaku yang diharapkan dan mengurangi perilaku yang tidak diharapkan dengan pemberian reward menggunakan teori behavioristik untuk mengubah perilaku. Tujuan dari kegiatan ini untuk membentuk kepercayaan diri anak – anak Desa Banding Agung dan mengurangi tingkat ketidakpercayaan diri pada anak – anak dengan menggunakan metode token ekonomi dimana pada Desa Banding Agung, Kecamatan Banding Agung terdapat beberapa anak yang kurang dalam hal rasa percaya diri untuk dapat bertanya, menjawab, mencoba hal baru, dan ditambah dengan masih adanya rasa canggung dan malu saat melakukan sesuatu tanpa bantuan dari orang tua mereka. Hasil kegiatan yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode token ekonomi adanya perubahan perilaku anak terlihat dari hasil gain score yang menunjukkan selisih (peningkatan) jumlah skor pretest dan posttest dari masing – masing subjek penelitian yaitu 8,5,6,7, dan 9. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembentukan kepercayaan diri anak dengan metode token ekonomi di Desa Banding Agung terdapat perubahan yang baik dalam rasa percaya diri anak dan dengan pemberian reward kepada anak memberikan pengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri anaktersebut.
Keywords
Percaya Diri, Anak – anak, Metode Token Ekonomi
Full Text:
References
Agusta, Aldila. 2017. Penerapan Token Economy Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Pra Sekolah, Skripsi, Program Pasca Sarjana Psikologi, Univ. Muhammadiyah, Malang.
Dania, Fiska. 2017. Peningkatan Kedisiplinan Anak Melalui Token Ekonomi Di Kelompok B TK Aba Dekso Kalibawang, Skripsi, Program Pasca Sarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Univ. Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Rohma, Jazilatur. 2018. Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Melalui Pujian. Jurnal Perempuan dan Anak, No. 01, Vol. 02, 118 – 120.
Marhain, Sri Sedar, and I. Ketut Winata. "Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Token Economy untuk Meminimalisir Perilaku Membolos Siswa Kelas IX F
SMP Negeri 3 Melaya." Jurnal Bina Ilmu Cendekia 2.1 (2020): 91-108.
Triastuti, Rahma, Drs. Hadi Mulyono, M.Pd, Wirananingtyas Palupi, S.Sn, M.A. 2019. Upaya Meningkatkan Self Confidence Melalui Metode Economy Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun, Jurnal Kumara Cendekia., No.3 , Vol.7, 259 – 261 : https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/36441/23677.