Pendalaman Kompetensi Otomotif Peserta didik Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal

Syarifudin Syarifudin, Firman Lukman Sanjaya, Faqih Fatkhurrozak, Riky Ardiyanto, Nur Aidi Arianto, Moh. Agus Setiawan

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan adalah pencetak sumber daya manusia yang memiliki keterampilan yang adaptif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah. Pandemi Covid-19 memaksa proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pemahaman secara daring terbukti tidak memberikan efek empiris sehingga mengakibatkan kualitas pendalaman materi, dan kompetensi menjadi rendah. Program pengabdian masyarakat bertujuan memperdalam pemahaman peserta didik kelas XII Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal yang secara langsung mengalami dampak kebijakan Covid-19. Metode yang digunakan adalah student central learning (SCL), dan Small Discussion. Hasil kegiatan adalah Program pengabdian kepada masyarakat “Pendalaman konsep dasar motor 4 langkah” dilaksanakan dengan lancar. Melalui evaluasi tahap 1, diskusi antar anggota, pemberian materi oleh narasumber, dan evaluasi akhir peserta didik telah mampu menjelaskan secara rinci konsep dasar motor 4 langkah hingga 90,50%.


Keywords


Covid-19, kualitas, motor 4 langkah, lancar

Full Text:

References


S. Nurtanti, “Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa,” J. Chem. Inf. Model., vol. 5, no. 9, pp. 1689–1699, 2022.

A. Amalia and N. Sa, “Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di indonesia 1,2,” vol. 13, no. 2, pp. 214–225, 2020.

U. S. Mustakim, R. Dewi, A. Mulyasari, A. Juanto, LInda, and A. S. Kamali, “Efektifitas pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi covid-19 (studi empiris terhadap mahasiswa di STIKP SYEKH MANSHUR),” J. Ilm. Al-Miskawaih J. Ilmu Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 171–178, 2021.

R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, pp. 395–402, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

J. P. Vokasi, “THE TEACHING AND LEARNING OF AUTOMOTIVE ELECTRICAL,” vol. 6, no. 1, 2016.

A. Suprihadi and F. L. Sanjaya, “Workshop Peningkatan Kompetensi Motor Bakar Bagi Peserta Didik Kelas XII Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal,” vol. 4, no. 1, pp. 103–108, 2021.

A. Dewantara, A. Primartadi, D. Jatmoko, and U. M. Purworejo, “PELATIHAN SERVICE SEPEDA MOTOR PADA MASA PANDEMI COVID-19,” vol. 3, no. 2, 2020.

D. Loano, “Pelatihan Perawatan dan Pemeliharaan Sepeda Motor Secara,” vol. 5, no. 2, pp. 177–184, 2021.

S. Syarifudin and F. Fatkhurrozak, “Pemanfaatan Trainer Engine Cutting dan Mesin Uji Emisi Gas Buang Untuk Meningkatkan Kompetensi Motor Bakar Peserta Didik Kelas XI Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal,” vol. 4, no. 3, pp. 384–390, 2021.

S. Motor, K. Xii, S. M. K. Bina, and N. Slawi, “No Title,” vol. 5, no. 2, pp. 109–113, 2020.

E. Methanol and G. Engine, “Automotive Experiences,” vol. 4, no. 2, pp. 62–67, 2021.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.3850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats