Digital Marketing Literacy: Upgrading UMKM Distro dan Clothing Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan

Suhita Whini Setyahuni, Linda Ayu Oktoriza

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya kinerja kompetitor menyebabkan sulitnya persaingan di industry clothing. Perubahan strategi bisnis dan pemasaran berbasis digital merupakan kebutuhan bagi para pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan persaingan kompetitif. Pelatihan digital marketing literacy merupakan program pengabdian masyarakat untuk pelaku bisnis UMKM. Pelatihan digital marketing ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM dalam menguasai teknologi untuk pemasaran produk. Pelatihan ini dihadiri oleh 50 partisipan, yang merupakan para pelaku UMKM yang bergerak di bidang distro dan clothing di Yogyakarta. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan kompetensi pelaku UMKM mengenai strategi pemasaran digita. Industri distro dan clothing tradisional membutuhkan sentuhan digital untuk mempertahankan daya saing menghadapi perubahan ekonomi pasca pandemi yang tidak dapat diprediksi. Permasalahan UMKM distro dan clothing menghadapi ketidakpastian perubahan pangsa pasar. Sehingga, para pelaku UMKM distro dan clothing membutuhkan strategi pemasaran, penggunaan teknologi dan platform online untuk meningkatkan kinerja finansial UMKM.. Pelatihan ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan peserta sebesar 33% mengenai penggunaan social media sebagai sarana digital marketing untuk peningkatan penjualan.


Keywords


Digital Marketing, Distro dan Clothing, Pelatihan, UMKM.

Full Text:

References


M. S. Dzhalolovna, “THE ROLE OF MARKETING RESEARCH IN THE FORMATION OF COMPETITIVE ADVANTAGES,” NOVATEUR PUBLICATIONS, vol. 6, no. 2581, p. 4, Oct. 2020.

A. PIP, “PIP Dukung Penguatan Kontribusi UMKM terhadap Ekonomi Indonesia.” Accessed: Aug. 25, 2022. [Online]. Available: https://pip.kemenkeu.go.id/id/data-publikasi/berita-terbaru/123-pip-dukung-penguatan-kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-indonesia.html

“Badan Pusat Statistik.” Accessed: Aug. 25, 2022. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/publication/2021/12/20/6f33d7296975e65db707fade/hasil-survei-kegiatan-usaha-pada-masa-pandemi-covid-19.html

A. Sitaniapessy, P. Usmanij, and V. Ratten, “Survivability of MSMEs in Maluku: An Analysis on Challenges, Opportunities and Strategic Development,” in Artisan Entrepreneurship, V. Ratten, P. Jones, V. Braga, and E. Parra-López, Eds., Emerald Publishing Limited, 2022, pp. 87–98. doi: 10.1108/978-1-80262-077-120221010.

A. F. Nadyan, E. Selvia, and S. Fauzan, “The Survival Strategies of Micro, Small and Medium Enterprises in The New Normal Era,” Dinamika Ekonomi, vol. 12, no. 2, Art. no. 2, Mar. 2021, doi: 10.29313/de.v12i2.7797.

T. Singh, R. Kumar, and P. Kalia, “E-marketing Practices of Micro-, Small- and Medium-sized Enterprises: Evidence from India,” in Strategic Corporate Communication in the Digital Age, M. Anthony Camilleri, Ed., Emerald Publishing Limited, 2021, pp. 197–216. doi: 10.1108/978-1-80071-264-520211012.

P. Andersson, E. Laurin, and C. Rosenqvist, “Marketing and Sales in Ambidextrous Organizations: Organizational Challenges from Digitalization?,” in Organizing Marketing and Sales, P. Andersson, B. Axelsson, and C. Rosenqvist, Eds., Emerald Publishing Limited, 2018, pp. 241–252. doi: 10.1108/978-1-78754-968-520181015.

R. Abdi, L. Suharti, P. Usmanij, and V. Ratten, “The MSMEs Digital Readiness in Indonesia: A Test of Moderating Effect of Intrinsic Motivation and ICT Knowledge,” in Strategic Entrepreneurial Ecosystems and Business Model Innovation, V. Ratten, Ed., Emerald Publishing Limited, 2022, pp. 155–180. doi: 10.1108/978-1-80382-137-520221010.

D. Sasongko, I. R. Putri, V. N. Alfiani, S. D. Qiranti, R. S. Sari, and P. E. Allafa, “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung,” Jurnal Ilmiah Pangabdhi, vol. 6, no. 2, pp. 92–96, 2020.

G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie, and A. W. Hadiyatullah, “Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, vol. 1, no. 2, pp. 88–92, 2020.

P. Sukmasetya, H. Apriyani, T. Wahyuni, B. S. Wulan, W. Nugroho, and A. H. Ardiyansah, “Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono,” Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 4, no. 3, Art. no. 3, Sep. 2021, doi: 10.30591/japhb.v4i3.2331.

M. Tabrani, W. Apriliah, D. Ardiansyah, and E. Ermawati, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada Yayasan Rumah Harapan,” Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2022, doi: 10.30591/japhb.v5i2.3084.

A. Damayanti, “Bisnis Fesyen Anjlok Diterjang Corona,” detikfinance. Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4971161/bisnis-fesyen-anjlok-diterjang-corona

E. G. Andal, A. Bello, and M. A. Catelo, “Coping and recovery strategies of MSMEs in the Laguna one year after COVID19,” Philippine Review of Economics, vol. 58, no. 1 & 2, Art. no. 1 & 2, Jul. 2021.

M. Md Husin and R. Haron, “Micro, small and medium enterprises’ competitiveness and micro-takāful adoption,” ISRA International Journal of Islamic Finance, vol. 12, no. 3, pp. 367–380, Jan. 2020, doi: 10.1108/IJIF-03-2019-0038.

S. Thaha, S. Hatidja, and H. Hasniati, “Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan Penjualan UMKM di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros,” ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2021, doi: 10.52072/abdine.v1i2.208.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.5042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

data macau