Pendampingan UMKM Tooku Tooku: Pengembangan Manajemen Bisnis dan Penguatan Branding Produk
Abstract
UMKM Tooku Tooku merupakan produsen minuman susu kedelai dengan misi untuk meningkatkan nilai minuman tradisional menjadi minuman kekinian yang lebih sehat. Dengan mempertimbangkan persaingan bisnis yang semakin kompetitif, perlu adanya inovasi baru dan dukungan usaha dalam penerapan manajemen dan strategi bisnis yang tepat. Program Pengabdian Kemitraan (PPK) ini bertujuan untuk mendampingi UMKM Tooku Tooku sebagai mitra dalam pengembangan manajemen bisnis di bidang sumber daya manusia, keuangan, operasi/produksi, pemasaran khususnya pada branding produk. Metode yang digunakan adalah participatory rural/urban appraisal yang melibatkan pemilik dan karyawan secara aktif yang didampingi oleh 4 orang dosen & 2 orang mahasiswa. Kegiatan ini terdiri dari survei awal, sosialisasi program, pelatihan, dan konsultasi intensif melalui Focus Group Discussion (FGD). Hasil dari PPK ini adalah peningkatan hardskill dan softskill mitra sebesar 85%, serta peningkatan nilai ekonomis sebesar 60%. UMKM Tooku Tooku menunjukkan peningkatan signifikan dalam hal distribusi produk melalui penambahan reseller serta pemanfaatan media sosial (Instagram dan TikTok) untuk memperluas jangkauan pasar dan menguatkan branding produk. Dari segi produksi, mitra mampu menambah variasi produk dan mencinptakan poduk inovatif Boba Soymilk serta memperbaiki kemasan yang berdampak pada peningkatan penjualan. Skor kepuasan mitra mencapai 95%, yang menunjukkan keberhasilan PPK dalam membantu mitra mengatasi permasalahan bisnis mereka.
Keywords
References
Cohen, B., & Kirtzmann, J. (2014). Ride on! Mobility business models for the sharing economy. Organization & Environment,27 (3), 279-296.
Edward, U. P. 2020. UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html (diakses 4 Maret 2021)
Botsman, R., & Rogers, R. (2011). What’s mine is yours : how collaborative consumption is changing the way we live. (2011). London : Collins.
Hall, J., Kendrick, C., & Nosko, C. (2015). The effects of Uber’s surge pricing : A case study. The University of Chicago Booth School of Business.
http://askompsi.or.id/gubernur-khofifah-industri-manufaktur-dan-umkm-jadi-andalan-pemulihan-ekonomi-di-jawa-timur/(diakses pada 1 Maret 2021)
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html (diakses pada 1 Maret 2021)
https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital overview?utm_source=Reports&utm_medium=PDF&utm_campaign=Digital_2020&utm content=Dual_Report_Promo_Slide (diakses pada 1 Maret 2021)
https://www.mckinsey.com/~/media/mckinsey/featured%20insights/asia%20pacific/the%20digital%20archipelago%20how%20online%20commerce%20is%20driving%20indonesias%20economic%20development/the-digital-archipelago-how-online-commerce-is-driving-indonesias-economic-development.pdf (diakses pada 1 Maret 2021)
https://www.alinea.id/bisnis/pulihkan-ekonomi-jatim-andalkan-industri-dan-umkm-b1ZRL9wn2 (diakses pada 1 Maret 2021)
Machmud, S., & Sidharta, I. (2013). Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Sektor UMKM Di Kota Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 56-66.
Ramadhania, A. 2020. Tips Jualan Online di TikTok Biar Bisnis Viral dan Banjir Orderan. https://www.cermati.com/artikel/tips-jualan-online-di-tiktok-biar-bisnis-viral-dan-banjir-orderan (diakses pada 4 Maret 2021
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.5111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.