Pemberdayaan Kelompok Tani melalui Hilirisasi Tanaman Kopi di Kabupaten Magetan
Abstract
Kegiatan Program Kemitraaan Masyarakat ini difokuskan pada Kelompok Tani Makmur di dalam merintis hilirisasi komoditas kopi sejalan dengan pengembangan desa wisata, dengan beberapa pertimbangan: (1) dari aspek manajemen, masih sangat minimnya pengetahuan manajemen dalam mengelola kelompok; (2) dari aspek ekonomi, pemasaran kopi belum mengggembirakan sejalan dengan maraknya pembangunan desa wisata; (3) Desa Plangkrongan belum dikenal luas di luar wilayah kabupaten padahal wilayah tersebut potensial untuk menjadi destinasi wilayah yang dekat dengan Telaga Sarangan. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh anggota kelompok tani Makmr adalah: (1) masalah mesin pengolahan yang masih sederhana; (2) masalah pemasaran produk yang hanya berkisar di wilayah lokal. Metode Pemecahan Permasalahan yang diterapkan adalah: (1) identifikasi karakteristik dan kebutuhan pengrajin olahan kopi akan informasi bisnis; (2) sosialisasi tentang pentingnya kelembagaan usaha agar bisa membangun kemitraan usaha dengan stakeholder; (3) pendampingan kepada para pengrajin olahan kopi dalam mengakses informasi bisnis untuk menuju pengembangan kawasan sentra. Hasil pengabdian melipiuti pemnecahan permasalhanan di bidang produksi, pemecahan masalah di bidang di bidang manajmen pada pelaku UMKM, dan pemecahan permasalahan di bidang promosi dan pemasaran. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, upaya bersama dari berbagai pihak dapat memastikan keberlanjutan dan keberhasilan hilirisasi tanaman kopi di Kabupaten Magetan, sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi petani dan komunitas sekitarnya.
Keywords
References
Chaudhary, M., & Lama, R., 2014. Community Based Tourism Development in Sikkim of India-A Study of Darap and Pastanga Villages. Transnational Corporations Review, 6(3), 228–237. https://doi.org/10.5148/tncr.2014.6302
Allcock, A., Jones, B., Lane, S., Grant, J., 1994. National Ecotourism Strategy. Commonweatlth Department of Tourism. Australian Goverment Publishing
Pfueller, S. L., Lee, D., & Laing, J., 2011. Tourism partnerships in protected areas: Exploring contributions to sustainability. Environmental Management, 48(4), 734–749. https://doi.org/10.1007/s00267-011-9728-yService. Canberra.
Liu, C.-H. S. dan S.-F. Chou. 2016. "Tourism Strategy Development and Facilitation of Integrative Processes among Brand Equity, Marketing and Motivation." Tourism Management 54: 298-308.
Sherafatian-Jahromi, R. E. Z. A. (2016). Economic, Environmental and Social Externalities of Tourism In Southeast Asia.
Ahmad, A., 2013. "The Constraints of Tourism Development for a Cultural Heritage Destination: The Case of Kampong Ayer (Water Village) in Brunei Darussalam." Tourism Management Perspectives 8: 106-113.
Cibinskiene, A. dan G. Snieskiene (2015). "Evaluation of City Tourism Competitiveness." Procedia-Social and Behavioral Sciences 213: 105-110.
Rifa'i, A., Subagja, G., & Roni, M. (2023). Analisis Pemrosesan Kopi Bubuk Robusta Pada Industri Kecil Menengah Di Bandar Lampung. Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(12), 1179-1192.
Perdana, F. R., Masrukhan, M., Harjanta, S. L., & Utami, K. S. (2019). Pemberdayaan Kelompok Usaha Tani Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Hilirisasi Kopi Menoreh. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
Kamuli, S., Wantu, S. M., Hamim, U., Djafar, L., Sahi, Y., & Dahiba, H. (2023). Pemberdayaan Berkelanjutan Melalui Pemanfaatan Dana Desa Bagi Masyarakat Pesisir di Desa Momalia Kecamatan Posigadan Provinsi Sulawesi Utara. Jambura Journal Civic Education, 3(2).
Nugraha, R., Rahman, U., Wahyuddin, N. R., & Yanti, N. E. (2024). Meningkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Penyuluhan Pertanian Berbasis Agribisnis Di Desa Cenrana Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 811-824.
Winanti et al., “Pembuatan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Promosi Penjualan Produk Furniture Drum Bujana Tangerang,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 7, no. 1, pp. 211–217, 2024
D. Sasongko, P. M. Yuliawati, R. Nurhidayah, R. G. Utomo, A. Setyawan, and K. Suciati, “Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing,” Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, vol. 7, no. 1, pp. 68–73, Jun. 2021, doi: 10.32528/jpmi.v7i1.3943.
Suranto et al., “Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten,” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 6, no. 1, pp. 123–136, 2022.
Nugraha, O. C., Priambudi, T. W., Zahwa, M. N. A., Pramudya, A. F. D., & Krisna, A. C. (2024). Pengembangan Pemasaran UMKM” Salsabila” di Kota Salatiga Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 7(3), 756-763.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.7186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.