Bootcamp Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Mahasiswa (KBM)
Abstract
Tim Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto, yang dipimpin oleh Dekan Dr. Eng. Imam Tahyudin, MM, mengadakan Bootcamp Kewirausahaan Berbasis Mahasiswa (KBM) pada 3-4 September 2024 di Homestay Cikalima, Desa Karangsalam, Baturraden. Narasumber yang memberi worksop yaitu Ketua Aspikmas Banyumas dan perwakilan dari BI Purwokerto serta DPMPTSP Banyumas. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra masih belum paham cara melakukan scale up usaha, masih belum ada pencatatan keuangan usaha dan aspek legal usaha. Bootcamp ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan mitra dengan memberikan motivasi dan membekali mahasiswa dengan materi trik dan tips scale up usaha, pelatihan aplikasi SiApik untuk pengelolaan keuangan dan praktek pembuatan badan hukum usaha. Tujuan diadakan bootcamp ini supaya mahasiwa dapat melakukan scale up usahanya, pencatatan laporan keuangan rapi dan legalitas usaha bisa dimiliki oleh mahasiswa. Hasil dari bootcamp berupa soft skill startegi dalam peningkatan omzet, mahasiswa mencatat hasil usahanya di aplikasi SiApik dan legalitas usaha mahasiswa terdaftar badan hukum berupa PT perseorangan. Program ini diikuti 20 mahasiswa dari Universitas Amikom Purwokerto dan Universitas Muhammadiyah Kudus. Program ini diharapkan dapat mencetak lima wirausahawan baru setiap tahun, terkonversi nilai maksimal 20 SKS. Lima usaha baru telah terbentuk dari peserta, termasuk Mealcaf, Polaeh Marchandise, Satgaz, Remuk.in, dan VR 360 Indonesia.
Keywords
References
S. Sumarno, G. Gimin, G. Haryana, and S. Saryono, “DESAIN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA BERBASIS TECHNOPRENEURSHIP,” JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, vol. 6, no. 2, p. 171, Oct. 2018, doi: 10.26740/jepk.v6n2.p171-186.
I. Darmawan, “MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS CARING ECONOMICS.”
T. Desi Harsoyo, K. A. Puspitasari, and N. T. Kusuma, “Pelatihan Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Gig’s Batik di Yogyakarta,” Journal of Community Service and Empowerment, vol. 4, no. 2, pp. 170–181, 2023.
M. Reza Rahman, M. Rizki Oktavianto, and Pailinus, “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia.”
E. Mardanugraha and J. Akhmad, “Ketahanan UMKM di Indonesia menghadapi Resesi Ekonomi,” Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, vol. 30, no. 2, pp. 101–114, Mar. 2023, doi: 10.14203/jep.30.2.2022.101-114.
P. Penelitian, B. Keahlian, D. Ri, J. G. Subroto, and S. Jakarta, “STRATEGI PENINGKATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA Strategy of Enhancement on the Small and Medium-Sized Enterprises (SMES) in Indonesia Sony Hendra Permana.” [Online]. Available: http://news.detik.com/
Y. Munsa Idah, A. Yunanto, and J. Rahmawati, “Pelatihan Administrasi Keuangan Pada Pelaku UMKM ASPIKMAS Purwokerto,” vol. 4, pp. 3181–3187, 2023, doi: 10.55338/jpkmn.v4i4.
A. Admyrals et al., “Pelatihan Manajemen Keuangan Kelompok UPPKA Sebagai Upaya Menurunkan Angka Stunting Desa Wonoroto,” 2024.
B. Arifin, A. Hudalil, and Ahiruddin, “Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran”.
Hasanudin and N. Widiyasono, “Implementasi Yoast Seo Dan Optimasi Keyword Untuk Meningkatkan Rank Pada Google Search Engine Result Page (SERP),” Jurnal Siliwangi, vol. 7, no. 2, pp. 58–65, 2021.
G. Hariaji, D. Arifianto, and V. Wahanggara, “ANALISIS PENERAPAN SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) PADA WEBSITE CV. BANGKIT JAYA SEJAHTERA.” [Online]. Available: www.menarakubah.com
Mohammad Imron and Kuat Indartono, “Pelatihan Perakitan Komputer dan Instalasi Software Dalam Meningkatkan Kemandirian Remaja di Desa Karangturi Banyumas,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 3, pp. 633–641, Jun. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i3.8442.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.7612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.