Penguatan Usaha Pedagang Kuliner - Shelter Kota Barat - Solo

Setianingtyas Honggowati, Bambang Hadinugroho, Endang Suhari, Harmadi Harmadi, Yohana Tamara

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bidang kuliner di Kota Barat, Solo menghadapi berbagai tantangan dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini. Tantangan tersebut antara lain adalah keterbatasan dalam teknologi digital, literasi digital yang rendah, dan akses terbatas terhadap permodalan dan informasi pasar. Untuk menjawab permasalahan ini, program pengabdian ini dilaksanakan dengan melibatkan Paguyuban Pedagang Kuliner Kota Barat, Solo yang terdiri dari 40 UMKM. Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif UMKM pedagang kuliner, memperluas pengetahuan dan keterampilan manajemen usaha melalui pemanfaatan teknologi digital, serta mengupayakan peningkatan pendapatan mereka melalui program pendampingan. Program ini menggunakan metode berupa  analisis kebutuhan, penyampaian materi oleh narasumber berpengalaman, diskusi interaktif untuk merumuskan solusi bersama, serta monitoring yang dibantu oleh mahasiswa. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini mencatat pertumbuhan signifikan dalam partisipasi, pengetahuan, keterampilan, dan pendapatan pedagang kuliner di Kota Barat, Solo. Selain itu, meski tidak diukur secara statistik, terdapat indikasi peningkatan nilai ekonomis dan kepuasan dari mitra, yang ditandai dengan mereka yang mengharapkan program serupa di masa depan. Luaran program ini termasuk publikasi ilmiah, publikasi media, dan video dokumentasi, yang menjadi model efektif dalam pengembangan UMKM kuliner serta berkontribusi positif terhadap ekonomi lokal.


Keywords


Pedagang Kuliner, Penguatan, Teknologi Digital, UMKM

Full Text:

References


S. C. Gherghina, M. A. Botezatu, A. Hosszu, dan L.N. Simionescu, “Small and Medium-Sized Enterprises (SMEs) : The engine of economic growth through investments and innovation,” Sustainability, vol. 12, no. 1, pp. 1-22, 2020.

D. Rachmawati, H. Wijaya, A.N. Haryudiniarti, dan N.F. Dewi, “Optimalisasi UMKM ‘Go Digital’ Melalui Literasi Digital dan Literasi Financial UMKM Keripik Basreng Bibu Tirtajaya, Depok,” Jurnal Abdimas, vol. 7, no. 2, pp. 465–473, 2024, http://ejournal.poltekharber.ac.id/index.php/abdimas/article/view/6569

M. Junaidi, “UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat,” Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI. Diakses Feb. 02, 2024. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

H. Lestari, “Pentingnya Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk-Produk UMKM di Suatu Daerah,” BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diakses 12 Agustus 2024. https://bkpsdmd.babelprov.go.id/content/pentingnya-peran-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dalam-meningkatkan-pemasaran-produk

Doni, “UMKM Naik Kelas, UMKM Go Digital,” Kominfo. Diakses Feb. 02, 2024. https://www.kominfo.go.id/content/detail/41205/umkm-naik-kelas-umkm-go-digital/0/artikel

R. Oktavenus, “Analisis Pengaruh Transformasi Digital dan Pola Perilaku Konsumen Terhadap Perubahan Bisnis Model Perusahaan di Indonesia,” J. Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 5, p. 44-48, 2019, doi: 10.24912/jmbk.v3i5.6080.

R. D. Sianturi, “Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Journal of Business and Economics Research (JBE), vol. 1, no. 1, pp. 45–50, 2020, doi: 10.47065/jbe.v1i1.118.

Elinda Dwi Kusuma dan Deni Ramdani, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Hoki Souvenir,” Cuan : J. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 12–20, 2023, doi: 10.59603/cuan.v1i1.8.

H. Irfani, F. Yeni, dan R. Wahyuni, “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0,” JCES (Journal of Character Education Society), vol. 3, no. 3, pp. 651–659, 2020.

Jasri, N. Arfan, Hasanuddin, dan H. Ali Hasan, “Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” ILTIZAM J. Shariah Economics Research, vol. 6, no. 2, pp. 212–224, 2022, doi: 10.30631/iltizam.v6i2.1452.

S. Rozinah dan A. Meiriki, “Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan,” J. JDM., vol. 2, no. 2, pp. 134-152, 2020, doi: 10.22441/jdm.v3i2.10573.

A. Sukma, N. Hermina, dan D. Novan, “Pengaruh Produk, Distribusi dan Digital Marketing terhadap Minat Beli Produk UMKM Binaan Kadin Jabar pada Situasi Covid-19,” Manners, vol. 3, no. 2, pp. 91–102, 2020.

N. J. Olusadum dan N. J. Anulika, “Impact of Motivation on Employee Performance: A Study of Alvan Ikoku Federal College of Eduaction,” J. of Management Strategy, vol. 9, no. 1, pp. 53-65, 2018, doi: 10.5430/jms.v9n1p53.

B. O. Beliartati, B. M. Nilasari, dan R. Kristaung, “Penyuluhan Peningkatan Motivasi Kerja Umkm Pada Umkm Binaan Yayasan Insan Palma Sejahtera Di Palmerah – Jakarta Barat,” J. AKAL Abdimas dan Kearifan Lokal, vol. 3, no. 2, pp. 110–121, 2022, doi: 10.25105/akal.v3i2.12974.

R. Shiddiqah dan K. R. Adi, “Peran paguyuban terhadap pertumbuhan UMKM di kawasan sentral industri tahu takwa Desa Tinalan Kota Kediri,” J. Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 3, no. 12, pp. 1346–1355, 2023, doi: 10.17977/um063v3i12p1346-1355.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.7636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot777