Pendampingan Digital Marketing pada UKM Kuliner di Kotawaringin Barat untuk Meningkatkan Daya Saing
Abstract
Di Kabupaten Kotawaringin Barat, industry wisata kuliner kebanyakan dilakukan oleh penggiat usaha kecil dan menengah (UKM). Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UKM di Kotawaringin Barat adalah kurangnya media pemasaran yang baik, sehingga jangkauan pemasaran bagi para penggiat UKM hanya sebatas informasi dari mulut-ke mulut, dan pemasaran melalui toko-toko terdekat. Hal ini juga terjadi pada Kelompok UKM Kapitan Mandiri, Desa Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Dari permasalahan tersebut, maka program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital marketing bagi para penggiat UKM khususnya kelompok UKM Kapitan Mandiri. Dengan program pelatihan digital marketing ini para peserta dapat diberikan pengetahuan baru terkait pembuatan, pengeditan, serta publikasi konten digital. Dengan kemampuan di bidang digital tersebut, diharapkan para pelaku UKM dapat semakin keratif dalam mempromosikan produk yang dimiliki di media sosial seperti: Instagram dan facebook sehingga jangkauan pemasaran produk UKM menjadi lebih luas. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan dampak yang baik bagi para peserta. Kegiatan PkM ini dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan dalam pemasaran. Dengan kegiatan PkM ini para anggota telah memiliki akun sosial media yang dikelola secara mandiri hasil dari kegiatan PkM yang telah dilaksanakan.
Keywords
References
Gregorius Anung Hanindito, “Pengolahan Citra Satelit dalam Deteksi Alih Fungsi Hutan Pada Daerah Aliran Sungai Arut Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah Berbasis Sistem Informasi Geografis,” Jurnal Media Infotama, vol. 15, no. 1, pp. 1–8, Feb. 2019.
Gregorius Anung Hanindito and Jamaludin Dwi Laspandi, “Pengembangan Aplikasi Pariwisata Kotawaringin Barat Berbasis GIS Menuju Smart Tourism City,” Jurnal Media Infotama, vol. 19, no. 2, Oct. 2023.
Dyah Wahyuning Tyas, Teddy Arrasyid, and Wulan Purnama Sari, “Pengembangan Wisata Pantai Sebuai Timur Sebagai Pendukung Kinerja Ekonomi Kabupaten Kotawaringin Barat,” Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, vol. 17, no. 2, May 2023.
Sri Indah Kartikasari, “Pengembangan Objek Wisata Taman Nasional Tanjung Puting Dalam Peningkatan Ekonomi Kreatif Masyarakat Di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah,” 2023.
Vigilio Manek Junior and Joyce Marcella Laurens, “Fasilitas Rehabilitasi Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah,” Jurnal eDimensi Arsitektur, vol. 10, no. 2, pp. 89–96, 2022.
Anisatul Auliya and Nailul Mona, “Pengembangan Kreativitas Kuliner Sebagai Elemen Daya Tarik Wisata Kota Depok,” Jurnal Ilmiah Pariwisata, vol. 25, no. 3, pp. 189–200, Nov. 2020.
Ken Widyatwati, “Revitalisasi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di Kabupaten Semarang,” Jurnal Pariwisata Dan Budaya, vol. 14, no. 2, pp. 115–125, Oct. 2023.
Dinas Pariwisata, “Pembukaan Workshop Food Photography Tahun 2021.”
Dinas Pariwisata, “Coto Manggala Masuk Tiga Besar Makanan Tradisional Terpopuler pada API Award 2020.”
S. Hiariey et al., “Peningkatan Kapasitas Produksi Pelaku Usaha Pengolahan Abon Ikan UKM Nia di Kota Ambon,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 7, no. 2, 2024.
Diah Ayu Kusumawati, “Peran Digital Skill Dan Workforce Transformation Terhadap Kinerja Umkm,” Jurnal Ekobis, vol. 23, no. 2, pp. 125–135, 2022.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.7724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.