Pelatihan Teknik Manajemen Waktu Bagi Remaja Karang Taruna Rengas Pulau Medan
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu bagi para remaja anggota Karang Taruna. Pada umumnya remaja karang taruna masih menggunakan waktu untuk hal-hal yang tidak produktif diluar jam persekolahan. Remaja karang taruna belum mampu memanajemen waktunya dengan baik, karena remaja belum mampu memprioritaskan setiap kegiatan sehari-hari. Metode kegiatan pengabdian adalah sosialisai dan pelatihan yang terdiri dari tiga tahap yaitu pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Pelaksaan kegiatan dengan memberikan pemaparan mengenai pentingnya manajemen waktu dan melatih peserta untuk memanajemen waktu dengan teknik yang dipaparkan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan disimpulkan bahwa 100% peserta sudah mampu menyusun majemen waktu nya sesuai kebutuhan yang prioritas dan 86,67 % peserta memiliki memiliki komitmen untuk menjalankan manajemen waktu yang sudah disusun.
Keywords
References
R. Adilla, “Analisis Strategi Manajemen Waktu Pada Remaja,” J. Bimbing. dan Konseling Pandohop, vol. 3, no. 2, pp. 1–7, 2023, doi: 10.37304/pandohop.v3i2.8203.
D. Dwi Julyana and A. Lianawati, “Berlatih alokasi waktu dalam self management efektif meningkatkan manajemen belajar siswa,” Orig. Artic., vol. 229, no. 2, pp. 229–235, 2020, doi: 10.26539/teraputik.42429.
L. Nafisah, A. Nugraha, S. Hartini, and S. Muyana, “Pengembangan Modul Pelatihan Dengan Menggunakan Teknik Problem Solving Tentang Manajemen Waktu Belajar Siswa Di Smp Negeri 4 Sewon,” J. Bimbing. dan Konseling Borneo, vol. 3, no. 2, pp. 55–62, 2021, doi: 10.35334/jbkb.v3i2.2344.
H. Wahidaty, “Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 1880–1889, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1015
W. A. Rahman, A. T. Susilo, and A. Dewantoro, “Pengembangan Modul Manajemen Diri untuk Meningkatkan Keterampilan Manajemen Waktu Siswa SMA,” J. Psikoedukasi dan Konseling, vol. 6, no. 1, p. 28, 2022, doi: 10.20961/jpk.v6i1.60325.
T. A. Juniawaty, K. P. S. Universitas, R. Indah, and D. D. Y. Tarina, “Pemahaman Kemampuan Mengatur Waktu (Time Management) Bagi Seorang Pemimpin Dalam Efektivitas Kegiatan,” ReaseaechGate, no. May, pp. 1–9, 2022, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/360928853_Pemahaman_Kemampuan_Mengatur_Waktu_Time_Management_Bagi_Seorang_Pemimpin_dalam_Efektivitas_Kegiatan
R. Reswita, “Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK,” PAUD Lect. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 02, pp. 25–32, 2019, doi: 10.31849/paud-lectura.v2i02.2497.
H. Arviani, D. Claretta, and Z. A. Achmad, “Peningkatan Kualitas Belajar Siswa dengan Teknik Pomodoro, Cornell Notes dan Feynman di Sanggar Belajar Professor Kota Madiun,” Khidmatuna J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, p. 67, 2021, doi: 10.54471/khidmatuna.v2i1.1268.
S. N. Elvina, “Teknik Self Management dalam Pengelolan Strategi Waktu Kehidupan Pribadi Yang Efektif,” Islam. Couns. J. Bimbing. Konseling Islam, vol. 3, no. 2, p. 123, 2019, doi: 10.29240/jbk.v3i2.1058.
A. A. Gea, “Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien,” Humaniora, vol. 5, no. 2, p. 777, 2014, doi: 10.21512/humaniora.v5i2.3133.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.7753
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.