Pelatihan Google Drive untuk Manajemen dan Kolaborasi Berkas Digital di PAUD Khairani Tangerang Selatan
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah merambah ke sektor pendidikan. Kemampuan pengelolaan data secara efisien menjadi kebutuhan krusial dalam era digital. Guru PAUD
Khairani di Tangerang Selatan menghadapi tantangan dalam mengelola data dan dokumen penting secara digital untuk proses akreditasi BAN PAUD & PNF. Dokumen yang dikelola
saat ini masih terpisah di berbagai akun dan perangkat. Maka dari itu, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola data di Google Drive. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi observasi awal untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan, diskusi kelompok terfokus untuk merumuskan solusi, pelatihan intensif yang mencakup teori dan praktik penggunaan Google Drive, serta evaluasi untuk mengukur dampak kegiatan. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang fitur-fitur Google Drive, termasuk penyimpanan, berbagi, kolaborasi, dan pengelolaan dokumen. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan Google Drive. Tingkat peningkatan kemampuan peserta sebesar 10-20 poin, rata-rata 11,25%, diukur melalui kuisioner. Berdasarkan observasi, seluruh peserta menunjukan kemampuan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan pembicara. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan data di PAUD Khairani, serta mendukung proses belajar mengajar yang lebih terorganisasi
Keywords
References
M. Satria Ramadhan, S. Diah Apriliani, N. Sahda Firjatullah, and R. Yolanda Puji Pratama, “Dampak Perkembangan Teknologi Digital Di Sektor Pendidikan,” Journal of Comprehensive Science (JCS), vol. 2, no. 6, pp. 1772–1784, Jun. 2023, doi: 10.59188/jcs.v2i6.399.
Riska Aini Putri, “Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital,” Journal of Computers and Digital Business, vol. 2, no. 3, pp. 105–111, Sep. 2023, doi: 10.56427/jcbd.v2i3.233.
M. C. Pratiwi and C. Riyana, “Educator as the Key for Digital Transformation in Curriculum and Learning,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, vol. 7, no. 1, p. 117, Apr. 2023, doi: 10.20961/jdc.v7i1.69364.
R. Yanuarsari, S. Maulani, and N. I. Juniati, “Implementasi Sistem Informasi Terpadu Sekolah PAUD (SITUS PAUD) dalam Manajemen Administrasi Guru,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 1, pp. 19–25, Jan. 2025, doi: 10.54371/jiip.v8i1.6504.
K. K. Ummah, “UTILIZATION OF GOOGLE DRIVE AS AN ALTERNATIVE MEDIA FOR DATA STORAGE AT MTs NU FUTUHIYYAH DONOMULYO MALANG,” Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, vol. 1, no. 2, Jun. 2024, doi: 10.69966/mjemias.v1i2.45.
C. Asri Windarsih, “PERAN ORANG TUA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI GOOGLE DRIVE PADA ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMIC COVID,” MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 2, no. 02, Dec. 2021, doi: 10.35706/murangkalih.v2i02.5808.
Sabrina Putri, Adhe Eva Yolanda, Haryati, Ayulia Indah Utami, Rizka Anisa Putri, and Alwi Alwilo Haryada, “Penerapan Sistem Cloud Computing Dalam Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada Organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Sibolga Tapteng (KAMISTA) dengan Menggunakan Layanan Google Drive,” Jurnal Komputer Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (JUKTISI), vol. 2, no. 1, pp. 222–231, Jun. 2023, doi: 10.62712/juktisi.v2i1.54.
S. Afiza, F. Afrilia, and W. Windasari, “Evaluasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Era Digital di SMPN 34 Surabaya,” Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, vol. 1, no. 3, p. 11, May 2024, doi: 10.47134/ptk.v1i3.542.
N. Khotimah and M. Reza, “Digital Literacy to Improve Pedagogical and Professional Competence of Early Childhood Teacher,” JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, vol. 9, no. 2, p. 117, Jul. 2022, doi: 10.17977/um031v9i22022p117.
A. N. Ikhsan, R. S. Alifian, and D. N. Astri, “PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE FORM DAN GOOGLE DRIVE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI DESA KARANGNANGKA,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 3, p. 1199, Sep. 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i3.10069.
S. Sahren, I. Irianto, A. Afrisawati, and D. Mahyudin, “Pemanfaatan Google Drive Sebagai Alternatif Media Penyimpanan Secara Online Pada SMK Negeri 4 Tanjungbalai,” Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, vol. 6, no. 3, pp. 424–430, Jul. 2023, doi: 10.33330/jurdimas.v6i3.2471.
Lilies Nur Aini, Heru Utomo, Hiqma Nur Agustina, Nugrahaningtyas Fatma Anyassari, Eka Listianing Rahayu, and Ane Fany Novitasari, “Pelatihan Penggunaan Google Drive untuk Pengarsipan Data Pada Ibu PKK RW 20 Kelurahan Bunulrejo,” Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, vol. 10, no. 2, pp. 95–99, Dec. 2023, doi: 10.33795/jpkm.v10i2.3320.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i2.8597
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.