Implementasi Algoritma Fuzzy Sugeno Pada Game Pious Boy
Abstract
Pious boy adalah game yang di adaptasi dari game yang cukup terkenal yaitu Super Mario Bros dimana terdapat misi untuk mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya dan mencapai masjid. Dalam menyesaikan misi tersebut, pemain dihadapkan dengan beberapa NPC (musuh). Non-Player Character (NPC) merupakan karakter yang bergerak otomatis tanpa kendali oleh pemain. Di dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana mengatur perilaku NPC. Perilaku NPC yang dimaksud adalah perilaku NPC yang dapat mengurangi skor pemain ketika menyentuhnya. Dalam penelitian ini digunakan Metode Fuzzy Sugeno. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem fuzzy dapat menghasilkan nilai aksi yang lebih dinamis sehingga karakter NPC dapat melakukan aksi yang sesuai dengan situasi yang dihadapi.
References
A. Suryadi, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall,” J. Petik, vol. 3, no. 1, p. 8, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i1.352.
W. Pratama, “Game Adventure Misteri Kotak Pandora,” J. Telemat., vol. 7, no. 2, pp. 13–31, 2014.
F. A. Lestari, “Implementasi Algoritma Fuzzy Sugeno untuk Pengaturan Clue pada Game Ali and The Labirin,” 2016.
M. F. Rahadian, A. Suyatno, and S. Maharani, “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game ‘The Relationship,’” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, p. 14, 2016, doi: 10.30872/jim.v11i1.198.
L. S. Mongi, A. S. M. Lumenta, and A. M. Sambul, “Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20191.
DOI: https://doi.org/10.30591/jpit.v6i1.2321
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JPIT INDEXED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.