ANALISIS IMPROVEMENT STANDARD OPERATING PROCEDURE DALAM PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN DI CIL ROOM CAFÉ

Edwin Haryadi, Nisa Rahmaniyah Utami, Wildan Rahadian

Abstract


Cafe terdapat departement yaitu food and beverage product department, dengan section yang bertugas sebagai pengolah makanan di café yaitu kitchen section. Kitchen berperan penting terhadap kualitas kebersihan dan kesehatan dalam berbagai macam hidangan, untuk menghidangkan makanan yang bersih dan terjaga kesehatannya bahan makanan harus disimpan, dirawat sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan SOP yang dilakukan oleh CIL Room Café Bogor dan perbaikan (improvement) yang dapat diupayakan untuk menjaga kualitas bahan makanan di bagian kitchen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses penyimpanan bahan makanan di kitchen CIL Room café Bogor menggunakan standar yang telah ditetapkan contohnya seperti selalu melakukan pengecekan bahan makanan yang berada dalam tempat penyimpanan, serta penempatan bahan bahan makanan yang juga perlu diperhatikan dalam proses penyimpanannya. Saran bagi café agar lebih mengawasi karyawan dalam melakukan langkah-langkah penerapan SOP tempat penyimpanan bahan makanan yang sesuai.

 

Kata Kunci: CIL Room Café Bogor, improvement, penyimpanan bahan makanan, kitchen 


Full Text:

References


Andika, I. P. (2022). Penerapan Metode First In First Ouit Pada Bahan Makanan Di Hotel Fairfieiild. Juirnal Mahasiswa Pariwisata dan Bisnis Vol 01 No 05, 1065-1080.

Bakri, B., Intiyati, A., & Widartika. (2018). Sistem Penyelenggaraan Makanan Instituisi. Jakarta: Puisat Pendidikan PPSDM.

Bartono Ph, S. (2005). Analisis Food Product Studi Food Cost Control dan pedoman Training. Yogyakarta: Andi.

Budiningsih, A. (2009). Restoran 1B. Bogor: Yudhistira.

Dila, B. A., & Nafisah, S. (2019). Penelusuran Informasi Standard Operating Procedure untuk Preservasi Koleksi (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata Taman siswa Yogyakarta). Jurnal Perpustakaan Vol.10 No.2, 123-134.

Endar, S., & Sulartiningrum, S. (1996). Pengantar Induistri Akomodasi dan Restoran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dittmer, Paul R. 2009. Principle Of Food Beverage, And Labor Cost Controls. 7th Editio. New York: John Willey & Sons Inc.

Fauzzia, Willma, Resma Rahmayani, Dan Rina Handayani. 2022. “Peranan Standar Operasional Prosedur Dalam Meningkatkan Kinerja Cook Di Kitchen Department Hotel Harper Purwakarta By Aston.” Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata 5(2):100–104.

Hadi, S. (2017). Perancangan universal Kitchen Cabinet. (Studi Kasus Untuk Pengguna Kursi Roda Dan Penggunaa Normal), 1-8.

Hartatik, I. P. (2019). Buku Pintar Membuat S.O.P : (Standard Oprating Procedure). Yogyakarta: Kaktuis.

Hidayat, R., & Hayati, H. (2019). Pengaruh pelaksanaan Sopperawat Pelaksana Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Di Rawat Inap Rsuid Bangkinang. Jurnal Ners volume 3 Nomor 2, 84-96.

Komar, R. (2014). Manajemen Perhotelan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kotler, A. (2004). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Muchtadi, Prof. Dr. Ir. Tien, M. S., Dr. Ir. Sugiyono M. App.Sc, Dan M. Si.Fitriyono Ayustaningwarno S.Tp. 2013. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bandung: Alfabeta.

Mokodongan, Asminar, Poppy Arnold Kadir, Dan Indry Pakaya. 2021. “Sistem Penyimpanan Bahan Makanan Untuk Menjaga Kualitas Bahan Makanan Di Kitchen Tc Damhil Ung.” Jurnal Ideas 7(2).

Putro, Shandy Widjoyo, Prof. Dr. Hatane Semuel Ms., Dan Ritzky Karina M. R. Brahmana, S.E., M.A. 2014. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 1–9.

Putra, Albertus Adi, Adi Santosa, Dan Poppy Firtatwentyna Nilasari. 2019. “Kajian Perbandingan Kenyamanan Ruang Desain Interior.” Jurnal Intra 7(2):933–41.

Purnamayanti, A., Suigiyanta, & Safitri, S. (2022). Penerapan Standar Nasional Perpuistakaan No. 12 Tahuin 2017 Di Peiirpuistakaan Sma Neiigeiiri 9 Bandar Lampuing. Juirnal Indoneiisia Vol. 7 No.5, 57.

Rijal, S. (2000). Pengertian Dapur. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Rahmayani, Azkiya, Dendi Gusnadi, Dan Edwin Baharta. 2022. “Standar Operasional Prosedur Food And Beverage Product Di Dafam Fortuna Hotel Malioboro Yogyakarta.” E-Proceeding Of Applied Science 8(6):894. Santoso, Evelyn Budi, Sherly De Yong, Dan David Tan Kayogi. 2019. “Perancangan Interior Café Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Di Surabaya.” Jurnal Intra 1003–10.

Santoso, Evelyn Budi, Sherly De Yong, Dan David Tan Kayogi. 2019. “Perancangan Interior Café Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Di Surabaya.” Jurnal Intra 1003–10.

Salendra, A. (2015). Langkah-Langkah Praktis Membuat Sop. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.

Selvi, & Ningruim, L. (2020). Gaya Hidup Minum Kopi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus Pada Kopi Kenangan Gandaria City-Jakarta}. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 23-30.

Setiawan, G. (2004). Macam-Macam Penerapan. Yogyakarta: Pinus Book.

Soekresno. (2001). Manajemen Food & Beverage Service Hotel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suigiyono. (2014). Metode penelitian manajemen pendekatan kuantitatif,kualitatif,kombinasi (mixed methods) penelitian tindakan (action research), penelitian evaluasi. Bandung: Alfabeta Quadrant.

Syahnan, R., Selvie, S., & Sinta, D. (2019). Tinjauan Penyimpanan Bahan Makanan Perishable Dapur SOI23 Di Departemen Food and Baverage Pada Pacific Regency Hotel Sutes Kuala Lumpur. Jurnal Ilmiah Skylandsea Vol.3 No.2.

Usman, N. (2002). Evaluasi Penerapan Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Wahab, A. S. (2008). Tujuan Penerapan Program. Jakarta: Bulan Bintang.

Zakharia, Friend. 2020. “Pengaruh Penyimpanan Bahan Makanan Terhadap Kualitas Makanan Pada Hotel Neo Kupang.” Jupar-Jurnal Pariwisata 3(01):52–61.




DOI: https://doi.org/10.30591/%25x

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575