Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Pada Sistem E-Commerce Dengan Kepercayan Sebagai Pemediasi
Abstract
Penelitian ini berjudul faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian pada sistem e-commerce dengan kepercayaan sebagai pemediasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi dan menjelaskan pengaruh keamanan dan persepsi kemudahaan terhadap niat pembelian pada e-commerce dengan kepercayaan sebagai pemediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 335 mahasiswa/mahasiswi di Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel 165 mahasiswa/mahasiswi di Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keamanan dan persepsi kemudahan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi melalui e-commerce. Dengan demikian, keamanan yang dimiliki suatu teknologi dan kemudahaan dalam penggunaannya akan mempengaruhi kepercayaan pengguna. Persepsi kemudahan dan kepercayaan mempengaruhi niat pembelian yang dilakukan oleh konsumen melalui e-commerce sedangkan keamanan tidak mempengaruhi niat pembelian pada sistem e-commerce. Dengan demikian, kemudahan dan kepercayaan yang dirasakan konsumen akan meningkatkan pembelian pada e-commerce. Kepercayaan mampu memediasi hubungan keamanan dan persepsi kemudahaan dengan niat pembelian e-commerce.
Keywords
References
Anandita, F. B. A., & Saputra, S. D. (2015). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites) (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 15(2).
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik E-Commerce 2020. In Badan Pusat Statistik.
Chen, Y.-H., Wu, J.-J., & Chang, H.-T. (2013). Examining The Mediating Effect Of Positive Moods On Trust Repair In E-Commerce. Internet Research.
Dachyar, M., & Banjarnahor, L. (2017). Factors Influencing Purchase Intention Towards Consumer-To-Consumer E-Commerce. Intangible Capital, 13(5). Https://Doi.Org/10.3926/Ic.1119
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0. In Universitas Diponegoro. Semarang.
Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang) Jurnal 1. Eksis, 10(1).
Jogiyanto, & Abdillah, W. (2009). Konsep Dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE.
Kim, C., Tao, W., Shin, N., & Kim, K. S. (2010). An Empirical Study Of Customers’ Perceptions Of Security And Trust In E-Payment Systems. Electronic Commerce Research And Applications, 9(1). Https://Doi.Org/10.1016/J.Elerap.2009.04.014
Klopping, I. M., & Mckinney, E. (2004). Extending The Technology Acceptance Model And The Task-Technology Fit Model To Consumer E-Commerce. Information Technology, Learning & Performance Journal, 22(1).
Kwahk, K.-Y., Ge, X., & Park, J.-H. (2012). Investigating The Determinants Of Purchase Intention In C2C E-Commerce. International Journal Of Economics And Management Engineering, 6(9), 2378–2382.
Liang, T.-P., & Turban, E. (2011). Introduction To The Special Issue Social Commerce: A Research Framework For Social Commerce. International Journal Of Electronic Commerce, 16(2), 5–14.
Mulyasari, H., Dan, T. T. B., & Wijaya, A. B. M. (2014). Analisis Jenis Sistem Pembayaran Elektronik Dalam Transaksi E-Commerce Di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2014(Sentika).
Musleh, J. S. A., Marthandan, G., & Aziz, N. (2015). An Extension Of UTAUT Model For Palestine E-Commerce. International Journal Of Electronic Business, 12(1). Https://Doi.Org/10.1504/IJEB.2015.068318
Napitupulu, T. A., & Kartavianus, O. (2014). A Structural Equations Modeling Of Purchasing Decision Through E-Commerce. Journal Of Theoretical And Applied Information Technology, 60(2).
Razdan, R., Das, M., & Sohoni, A. (2013). The Evolving Indonesian Consumer. Retrived From: Https://Www. Mckinsey. Com/Business-Functions/Marketing-And-Sales/Our-Insights/The-Evolving-Indonesian-Consumer.
Sari, D. E., Handoko, R., & Rochim, A. I. (2018). Pengaruh Online Shop Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Ibu Rumah Tangga Kabupaten Mojokerto (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto). Jurnal Representamen, 4(01).
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Agora, 5(1).
Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen Di Era Internet: Implikasinya Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.
Unju, N. R. S., Indriasari, R., & Mapparessa, N. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan Sistem E-Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako). Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 2(2).
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified View. MIS Quarterly, 425–478.
DOI: https://doi.org/10.30591/jpa.v2i1.3438
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Terindeks oleh:

6.png)