TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK X KOTA SURAKARTA

Risma Sakti Pambudi, Amalia Ulfah, Khotimatul Khusna

Abstract


Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan di apotek. Pelayanan kesehatan dikatakan bermutu apabila mampu memberikan kepuasan bagi pasien yang dilayani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek x kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Kuesioner terdiri dari 15 pertanyaan yang mewakili 5 dimensi. Hasil kuesioner diukur menggunakan skala Likert. Hasil persentase berdasarkan dimensi bukti fisik (tangible) mendapat nilai skala 86,6% (sangat puas), dimensi kehandalan (reliability) mendapat nilai skala 82,7% (sangat puas), dimensi ketanggapan (responsiveness) mendapat nilai skala 89,3% (sangat puas), dimensi jaminan (assurance) mendapat nilai skala 87,5% (sangat puas), dimensi empati (empathy) mendapat nilai skala 90,8% (sangat puas). Berdasarkan kelima indikator kepuasan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek x kota Surakarta yaitu sangat puas dengan rata-rata persentase sebesar 87,38%.


Keywords


Apotek; Pelayanan Farmasi; Kepuasan

Full Text:

References


Kemenkes RI, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek,” 2016.

E. Arimbawa, G. Wijaya, E. Arimbawa, and G. Wijaya, “Hubungan Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Apotik di Kota Denpasar,” Public Heal. Prev. Med. Arch., vol. 2, no. 2, pp. 198–203, 2014.

Novianti, Endri, and Darlius, “Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Mix J. Ilm. Manaj., vol. 8, no. 1, p. 90, 2018, doi: 10.22441/mix.2018.v8i1.006.

P. Widodo, M. Sulisno, and C. Suryawati, “Pengaruh Penerapan Perilaku Syariah Dalam Pelayanan Keperawatan, Beban Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit,” Link, vol. 16, no. 1, pp. 23–30, 2020, doi: 10.31983/link.v16i1.5596.

F. Tjiptono, Pelayanan Kefarmasian Jilid 2 Ed. 12. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2020.

N. I. Lestari, P. D. Citra, and M. Makani, “Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep di Apotek NH Farma Kecamatan Arut Selatan,” J. borneo cendekia, vol. 6, no. 2, pp. 80–89, 2022.

A. Wirastuti, Y. A. Noe, and R. Rahmawati, “Pengaruh Kualitas Kefarmasian Terhadap Pelayanan Di Apotek Rsia Ananda Trifa Kota Parepare,” J. Insa. Farm. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 7–14, 2021, doi: 10.36387/jifi.v4i1.668.

N. Atikah, P. Y. Pratiwi, and T. A. Febriani, “Tingkat Kepuasan Pasien di Era Pandemi Covid-19 tentang Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Kerjo Karanganyar Jawa Tengah,” J. Farm., vol. 6, no. 1, pp. 21–27, 2023, doi: 10.31965/jfkoe.v6i1.1149.

N. Hidayah, N. Sitepu, Hilda, Masniah, and K. Ulina, “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di UPT Puskesmas Bromo Kecamatan Medan Denai,” Heal. Tadulako J. (Jurnal Kesehat. Tadulako), vol. 9, no. 1, pp. 27–35, 2023.

E. Karlina, L. V. Inandha, and Pudjiastuti, “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pemberian Informasi Obat Di Apotek Yulia Farma Surakarta Periode Juni- Juli Tahun 2024,” J. Ilmu Farm. dan Kesehat., vol. 2, no. 3, pp. 366–372, 2024.

N. Amalia, R. Rahardjoputro, and A. W. Amrullah, “Tingkat Kepuasan Pengunjung Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Beberapa Apotek Kabupaten Karanganyar,” vol. 2, no. 5, pp. 271–284, 2024.

P. R. Anindita, K. I. Wahyuni, and D. Susana, “Evaluasi Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kefarmasian di Apotek X Wonoayu,” JOHC, vol. 2, no. 3, pp. 1–13, 2021.

S. L. Kurniawati, M. L. Pasaribu, P. Prabowo, and D. Y. Prasetya, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek x Lumajang,” Univ. Kadiri, vol. 3, pp. 1–13, 2024.

E. Feneranda, R. S. Pambudi, and R. Septiana, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Sehati Surakarta Selama Masa Pandemi Covid-19,” Semin. Nas. Has. Ris. dan Pengabdi. Kpd. Masy. Univ. Sahid Surakarta, vol. 1, no. 1, pp. 789–797, 2021.

Destiyani, A. Nisa, T. Zaila M.A, and A. P. Agus Santoso, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obatdi Apotek Kinan Farma Mojosongo Periode November-Desember Tahun 2021,” Media Farm. Indones., vol. 17, no. 1, 2022, doi: 10.53359/mfi.v17i1.189.

S. N. Rangkuti, M. D. I. Putra, and L. O. A. Rasydy, “Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Informasi Obat di Apotek x Kabupaten Tangerang,” J. Farmagazine, vol. 9, no. 2, pp. 50–55, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/2049




DOI: https://doi.org/10.30591/pjif.v14i2.8497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

===============================================================

Parapemikir : Jurnal Ilmiah Farmasi

Program Studi D-3 Farmasi
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000

Email :parapemikir@poltektegal.ac.id

 

Copyright: Parapemikir : Jurnal Ilmiah Farmasi p-ISSN:2089-5313 e-ISSN:2549-5062

 

===============================================================

 

Parapemikir Indexed By : 

 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats