Peran Apoteker dalam Meningkatkan Kepuasan dan Kualitas Hidup Pasien Hipertensi Peserta Prolanis di Puskesmas Sayung 1

inggit samtika handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran apoteker dalam meningkatkan tingkat kepuasan dan kualitas hidup pasien hipertensi peserta Prolanis di Puskesmas Sayung 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepuasan dan WHOQOL-BREF yang telah divalidasi. Sebanyak 80 responden dilibatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan apoteker, terutama pada domain KIE dan sikap profesionalisme. Sementara itu, kualitas hidup pasien paling tinggi berada pada domain hubungan sosial dan lingkungan. Analisis hubungan menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik responden dengan tingkat kepuasan maupun kualitas hidup (p > 0,05). Penelitian ini menegaskan pentingnya peran edukatif dan komunikatif apoteker dalam pelayanan Prolanis.

Keywords


abstarck

References


Lestari, R., & Pradipta, I. S. (2020). Peran Apoteker dalam Edukasi Pasien Hipertensi. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia.

Mustiqawati, E., Alami, R., & Yolandari, S. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Mawasangka. Jurnal Promotif Preventif, 6(3), 430-437.

Haeruddin, A. (2021). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apoteker pada Program Prolanis. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Iriawan, J., Shabrina, G. N., et al. (2019). Quality of Life Level Description of Elderly Patients with Hypertension Using WHOQOL-BREF. Ciereng Hospital, Subang.

Mustiqawati, E., Alami, R., & Yolandari, S. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Mawasangka. Jurnal Promotif Preventif, 6(3), 430–437.

Hidayah, N., & Rahayu, F. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 9(2), 150–157.

Sutrisna, A., & Lestari, P. D. (2019). Analisis Karakteristik Pasien dengan Kepuasan terhadap Pelayanan Kesehatan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 7(1), 12–19.




DOI: https://doi.org/10.30591/pjif.v14i3.9546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

===============================================================

Parapemikir : Jurnal Ilmiah Farmasi

Program Studi D-3 Farmasi
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000

Email :parapemikir@poltektegal.ac.id

 

Copyright: Parapemikir : Jurnal Ilmiah Farmasi p-ISSN:2089-5313 e-ISSN:2549-5062

 

===============================================================

 

Parapemikir Indexed By : 

 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats