STRATEGI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Alyan Fatwa, Djuniadi Djuniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di kurikulum 2013 pokok bahasan persamaan danfungsikuadrat, serta mengetahui sejauh mana pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di kurikulum 2013 pokok bahasan persamaandanfungsikuadrat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian danpengembangan (research and development).Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ASSURE.Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas X program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal yang berjumlah 115 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Dukuhturi tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 356 orang siswa. Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 25 orang siswa. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan cara non random dimana tidak setiap siswa berhak untuk dijadikan sample. Dalam penelitian ini Teknik non random sampling yang dipakai adalah Quota sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan menetapkan jumlah subyek yang akan diteliti.Strategi pembelajaran ini disusun menggunakan strategiblended learningyang menyajikan materi persamaandanfungsikuadrat. Dari hasil validasi dan uji coba diperoleh hasil bahwa media pembelajaran berbentukaplikasimodel ini berada dalam kategori valid dan praktis.
Kata kunci : blended learning, hasil,belajar


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.