HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU DENGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI MKJP DI DESA DANAU INDAH KECAMATAN CIKARANG BARAT KABUPATEN BEKASI

Masluroh Masluroh, Dewi Nurlail Permata

Abstract


Latar Belakang : Tingginya laju pertumbuhan penduduk merupakan permasalahan yang dihadapi Indonesia. Kebijakan pemerintah dalam menurunkan laju pertumbuhan penduduk dengan menggunaan  metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). MKJP metode kontrasepsi yang efektif dan efisien yang dapat digunakan untuk jangka waktu panjang untuk menjarangkan kehamilan. Penggunaan MKJP di Indonesia masih rendah yaitu 18,3%. Sementaradi Jawa barat penggunaan kontrsepsi MKJP (22%) lebih rendah dibandingkan penggunaan kontrasepsi Non MKJP (78%). Jumlah penggunaan MKJP di Desa Danau Indah Kecamatan Cikarang Barat masih rendah sebanyak 17.9%. (REKDES, 2021). Tujuan Penelitian : mengetahui hubungan karakteristik ibu dengan penggunaan MKJP di Desa Danau Indah Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan jumlah populasi sebanyak 40 responden. Dianalisis dengan uji chi-square. Hasil Penelitian : Hasil uji chi-square didapatkan pada variabel usia dengan p-value= 0,013; variabel pendidikan p-value= 0,014; variabel pekerjaan p-value= 0,016; variabel jumlah anak p-value= 0,025; variabel pengetahuan p-value= 0,021; dan variabel dukungan suami p-value= 0,020. Kesimpulan : variabel usia, pendidikan, pekerjaan, jumlah anak, pengetahuan, dan dukungan suami, menunjukkan bahwa semua variabel berhubungan dengan nilai P value < 0,05.

Kata Kunci: Krakteristik Ibu, Penggunaan MKJP


Full Text:

References


Aningsih, B. S., & Irawan, Y. L. (2020).

Hubungan Umur, Tingkat Pendidikan,

Pekerjaan dan Paritas Terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Dusun III Desa Pananjung Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Jurnal Kebidanan.

Badan Perencanaan Pembangunan

Nasional. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. (2020). Laju

Pertumbuhan Penduduk Jawa Barat Tahun 2020. Bandung. BKKBN 2012. Materi Rakernas Kedeputian Bidang Pengendalian penduduk.

BKKBN. (2020). Rencana Strategis Badan

Kependudukan Dan Keluarga

Berencana Nasional Tahun 2020-2024. Jakarta : BKKBN.

Fauziah, A. N., & Hanifah, L. (2021). Pengaruh Umur Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Di BP Titik Sri Suparti Karang Kendal musuk Boyolali. Jurnal Kebidanan.

Notoadmodjo. (2016). Pengetahuan dan

Perilaku. Jakarta : Fineka Cipta.

Kementerian Kesehatan RI. 2021 Pedoman

Pelayanan Dan Keluarga Berencana. Jakarta: Kemenkes RI.

Republik Indonesia. Peraturan Kepala

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pendayagunaan Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Retnowati, Y., & Novianti, D. (2018). Dukungan Suami Terhadap Pemilihan Kontrasepsi Intrauterin Device Di Wilayah Kerja Puskesmas Mamburungan. Journal of Borneo Holistic Health.

Triyanto, L., & Indriani, D. (2018). Faktor

yang mempengaruhi penggunaan jenis Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada wanita menikah usia subur di Provinsi Jawa Timur. The Indonesian Journal Public Health.




DOI: https://doi.org/10.30591/siklus.v12i1.4805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Counter:

 

 

====================================================================

Indexed By:


Flag Counter