Artificial Inteligence Dalam Apilkasi Chatbot Sebagai Helpdesk Obyek Wisata Dengan Permodelan Natural Language Processing (Studi Kasus: Kabupaten Cilacap)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi berbasis komputer yang sangat cepat telah membuat banyak perubahan dalam sendi kehidupan manusia. Salah satu perkembangan teknologi terkini adalah kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dengan adanya kecerdasan buatan, komputer dapat melakukan tugas tertentu seperti yang dilakukan oleh manusia robot chatting (chatbot). Chatbot adalah program komputer yang dapat melakukan percakapan melalui tulisan. Dalam era globalisasi sekarang ini, aspek kehidupan sehari-hari tak pernah lepas dari penggunaan teknologi informasi, salah satunya dalam aspek pariwisata. Pariwisata yang ada di Kabupaten Cilacap memiliki potensi yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun pengembangan informasi pariwisata yang ada dirasa kurang efektif dan akurat. Dalam penyampaian informasi masih manual, yaitu dari informasi yang di dengar melalui orang lain. Karena itu, peneliti mencoba mengembangkan aplikasi chatbot sebagai helpdesk dengan pendekatan Natural Language Processing. Dengan aplikasi ini nantinya wisatawan mampu melakukan tanya jawab kepada sistem. Aplikasi ini menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari untuk manusia berkomunikasi.
Kata kunci : artificial intelligence, chatbot, helpdesk, Natural Language Processing.
References
Bahartyan, E., Bahtiar, N., & Waspda, I. (t.thn.). Integrasi Chatbot Berbasis AIML pada Website E-Commerce sebagai Virtual Assistant dalam Pencarian dan Pemesanan Produk (Studi Kasus Toko Buku Online edua4indo.com). Jurnal Masyarakat Informatika, 5(10), 34-43.
Csaky, R. K. (2017). Deep Learning Based Chatbot Models.
Dhewanto, W., & Anggadwita, G. (2015). Rencana Pengembangan Teknologi Informasi Tahun 2015-2019. PT. Republik Solusi.
Enterprise, J. (2018). Teknik Memasang Chatbot di Toko Online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Hartati, S., & Zuliarso, E. (2008). Aplikasi Pengolah Bahasa Alami untuk Query Basisdata XML. Jurnal Informasi DINAMIK, XIII(2), 168-175.
Hormansyah, D. S., & Utama, Y. P. (2018). Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada Sistem Informasi Layanan Kesehatan di Malang dengan Menggunakan Metode TF-IDF. Jurnal Informatika Polinema, 4(3), 224-228.
Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rakhman, A. (2020). Patient Medical Record Information System as Big Data Implementation with NIK in Tegal City Health Service. Jurnal Mantik, 4(3), 2056-2062.
Nurohim, N., & Rakhman, A. (2020). APLIKASI INFORMASI KEHAMILAN BERBASIS ANDROID. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 9(2), 61-64.
Rakhman, A., & Rais, R. (2020). Analisa Pakan Burung Otomatis Menggunakan Arduino Berbasis Internet Of Things. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(5), 18-25.
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v10i1.2135
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() |
View My Stats
![]() |