Aplikasi Portal Jelajah Destinasi Wisata Indonesia Dengan Augmented Reality (AR) dan Video 360° Berbasis Android Sebagai Media Promosi Dan Hiburan
Abstract
Indonesia adalah negara indah yang memiliki berbagai macam potensi alam, seni, budaya, sejarah, pendidikan, kuliner, religi, dan teknologi yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik utama dibidang pariwisata. Namun kekayaan wisata tersebut juga membutuhkan media promosi yang semenarik mungkin salah satunya melalui aplikasi mobile seperti android. Penelitian ini menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Video 360°. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu fitur canggih yang dapat diadopsi pada aplikasi android yang menggabungkan antara dunia nyata (real world) dan dunia maya (virtual world). Sedangkan Video 360° sebuah video yang dapat merekam seluruh pemandangan secara 360°. Hasil penelitian yang diharapkan adalah terciptanya sebuah aplikasi sebagai wadah untuk media promosi sekaligus sebagai sarana hiburan baru yang mampu mengangkat potensi wisata yang ada di Indonesia.
Kata kunci : Augmented Reality (AR), Video 360°, Wisata Indonesia, Android
References
S. S. SUSILAWATI, A. Fauzi, C. Kusmana, and N. Santoso, “Strategi dan Kebijakan dalam Pengelolaan Wisata Konservasi Orangutan Sumatera (Pongo abelii) di Bukit Lawang Kabupaten Langkat Sumatera Utara,” J. Pengelolaan Sumberd. Alam dan Lingkung. (Journal Nat. Resour. Environ. Manag., vol. 10, no. 1, pp. 1–11, 2020.
R. E. Maulana and E. N. Kuswari, “Lombok ARTour : Aplikasi Promosi Pariwisata di Lombok Berbasis Augmented Reality,” vol. 5, no. 3, pp. 3200–3204, 2019.
A. H. Pujabaladika and L. Anifah, “Marker Based Tracking Augmented Reality pada Brosur Jurusana Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya,” Jinacs, vol. 01, no. 03, pp. 150–156, 2020.
A. R. Triani, A. R. Adriyanto, and D. Faedhurrahman, “Media Promosi Bisnis Potensi Wisata Daerah Bandung Dengan Aplikasi Virtual Reality,” J. Bhs. Rupa, vol. 1, no. 2, pp. 136–146, 2018.
A. B. Dharmawan and C. Lubis, “Perancangan Website Promosi
Parawisata Indonesia Dengan Aplikasi Augmented Reality,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no.1, pp. 31–36, 2017.
X. S. Rambing, V. Tulenan, and X.B.N. Najoan, “Virtual Reality Berbasis Video 360 Derajat pada Tari-Tarian Adat Suku Minahasa,” J. Tek. Inform.,vol. 11, no. 1, 2017.
W. Muammad, S. .M.L, and P. K. Yupi, “Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Homestay di Lombok Timur Berbasis Android,” J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 1, p. 2, 2020.
L. S. Mongi, A. S. M. Lumenta, and A. M. Sambul, “Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, 2018.
Sabanise, Y. F., & Rakhman, A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus Politeknik Harapan Bersama Tegal. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 8(1), 48-53.
Rakhman, A., & Rais, R. (2020). Analisa Pakan Burung Otomatis Menggunakan Arduino Berbasis Internet Of Things. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(5), 18-25.
A. Z. Adnan, “Penerapan Strategi Promosi Pada Pemasaran Produk CV. Syntax Corporation Indonesia,” J. Ilm. Indones., vol. 3, no. 7, pp. 14–24, 2018.
M. Naeruz, “Analisis Pengaruh Jumlah Pelanggan, Tarif dan Promosi terhadap Pendapatan Industri Telekomunikasi (PT. Indosat OOredoo, PT. Telkomsel, PT.XL Axiata) Di Indonesia,” Kaji. Ekon. dan Kebijak. Publik, vol. 3, no.2, pp. 87–102, 2018.
I. Tahyudin, N. A. Fitriyani, N. Dewiyanti, M. S. Amin, M. Y. Firdaus, and F. P. N. Utama, “Inovasi Promosi Obyek Wisata Menggunakan Teknologi Augmented Teality (AR) Melalui Layar berbasis Android,” J. Telemat., vol. 8, no. 1, pp. 1–13, 2015.
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v10i1.2166
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() |
View My Stats
![]() |