Monitoring Suhu dan Kelembaban Tanah pada Budidaya Porang Berbasis Arduino

Eko Budihartono, Arif Rakhman, Dwi Kukuh Supriyono

Abstract


Tanah merupakan campuran dari beberapa komponen seperti mineral, senyawa organic, senyawa anorganik dan air. Tanah menyediakan air, udara dan nutrisi yang dibutuhkan makhluk hidup seperti organisme tanah dan tumbuhan. Dalam bidang pertanian tanah diartikan lebih khusus yaitu sebagai media tumbuhnya tanaman darat seperti pada budidaya porang. Porang (Amorphophallus oncophyllus Prain) sebagai tanaman penghasil, karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat pangan, tanaman porang sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan diekspor. Manfaat porang dapat dimanfaatkan pada berbagai industri pangan, kimia, dan farmasi. Keberhasilan dan kegagalan dalam budidaya porang ditentukan oleh kualitas tanah dan manajemen penggunaannya. Ketersediaan air pada masa pertumbuhan harus diperhatikan, jika kekurangan air daun porang akan kering dan akhirnya mati. Dengan terpenuhinya kebutuhan air pada tanaman, maka tanaman dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Penelitian ini menerapkan alat monitoring suhu dan kelebaban tanah otomatis pada tanaman porang menggunakan sensor suhu dan kelembaban tanah berbasis Arduino agar dapat membantu meningkatkan hasil panen tanaman menjadi lebih baik.  Hasil dari penelitian ini akan di uji coba untuk menilai seberapa baik alat yang telah dibuat. Parameter yang di monitoring adalah suhu dan kelembaban tanah yang akan terbaca pada LCD yang dipasang pada tanah di sekitar tanaman porang secara otomatis. Alat monitoring suhu dan kelembaban pada budidaya porang dapat mempermudah proses pengukuran suhu dan kelembaban tanah bekerja secara otomatis dengan keakuratan 99% dan alat ini hanya membutuhkan catu daya.   

Kata kunci : Arduino Uno, Sensor Suhu, Sensor Kelembaban Tanah, LCD

  


Full Text:

References


N. Saleh, S. A. Rahayuningsih, B. S. Radjit, E. Ginting, D. Harnowo, and I. M. J. Mejaya, Tanaman Porang. 2015.

R. A. Najikh, M. H. H. Ichsan, and W. Kurniawan, “Monitoring kelembaban , suhu , intensitas cahaya pada tanaman anggrek,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, pp. 4607–4612, 2018.

J. Desember and K. Tanah, “Rancang Bangun Alat Ukur Suhu Tanah, Kelembaban Tanah, dan Resistansi,” J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 80–86, 2017, doi: 10.15294/jte.v9i2.11087.

E. Budihartono, Y. F. Sabanise, and Arif Rakhman, “Monitoring Kualitas Air pada Budidaya Hidroganik Berbasis Arduino,” smart comp, vol. 10, no. 2, pp. 2–5, 2021.

W. Dari, “Penerapan Metode System Development Life Cycle Pada Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Produk Batik Kurowo Jakarta,” vol. 3, no. 2, pp. 222–228, 2015.

Rakhman, A., & Sabanise, A. Y. F. (2019). Sistem Informasi Stok Kebutuhan Darah Pada Palang Merah Indonesia Dengan Metode Weighted Moving Average. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(7), 24-32.

F. Djuandi, “Pengenalan arduino,” pp. 1–1.




DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v11i1.3225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SMART COMP INDEXED BY

  
Flag Counter

View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.