Diseminasi Model Belajar Siswa Aktif Dengan Pendekatan Alqur’an, Sains, Dan Karakter Untuk Meningkatkan Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Untuk Guru Di Mi Tamrinussibyan
Artikel ini membahas deskripsi pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Tahun 2019 yang didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI). Kegiatan ini dilatarbelakangani belum diterapkannya model pembelajaran yang menggunakan alqur’an sebagai sumber belajar IPA. Permasalahan pritoritas mitra yaitu guru belum mengetahui konseptual model belajar siswa aktif dengan pendekatan ALSAK. Selain itu, guru belum mengetahui perencanaa, pelaksanaan, dan penyusunan sumber serta instrument evaluasi. Solusi yang ditawarkan yaitu memberikan pengetahuan tentang pembelajaran model ALSAK untuk guru MI di Tamrinussibyan. Metode pelaksanaan kegiatan PKMS ini adalah ceramah, diskusi, workshop, peerteaching, dan penugasan. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu Juni-Agustus 2019. Luaran kegiatan ini yaitu peningkatan pengetahuan guru MI dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebsesar 80%, melaksanakan pembelajaran sebesar 70% dan menyusun sumber belajar serta instrument evaluasi sebesar 70%. Selain itu, luaran kegiatan PKMS ini berupa publikasi media massa berupa koran suara merdeka, video pelaksanaan, dan artikel.
Keywords
Diseminasi, Model ALSAK, PKMS, Guru MI
Full Text:
References
Zuhdi, Darmiyati, (2011) Pendidikan Karakter. Yogyakarta
Liliasari, et al.2011, Scientific Concept and Generic Science Skill Relationship in The 21st Century Science Education Makalah, Pada seminar International I SPs UPI : Bandung
Winarni, F. (2006). Reorientasi Pendidikan Nilai Dalam Menyiapkan Kepemimpinan Masa Depan. Jurnal Cakrawala Pendidikan: No 1, 130-171
Mahmudah, Laely. 2016. Spiritual Teaching dalam Pembelajaran IPA di Madrasah. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11 (2): 448
Arends, I. Richard. (2007). Learning to Teach Seven Edition (Alih bahasa: Drs. Helly Prajitno, M.A dan Dra. Sri Mulyantini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sudaryanti. (2010). Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik. Makalah Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http:staf.uny.ac.id pada tanggal 8 Agustus 2015.
Djudin, Tomo. (2010). Menyisipkan Nilai-Nilai Agama Dalam Pembelajaran Sains: Suatu Alternatif Memagari Keimanan Siswa. Jurnal Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.