Diseminasi Model Belajar Siswa Aktif Dengan Pendekatan Alqur’an, Sains, Dan Karakter Untuk Meningkatkan Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Untuk Guru Di Mi Tamrinussibyan

Dwi Hesty Kristyaningrum, Ujang Khiyarusholeh, Aqib Ardiansyah, Winarto Winarto

Abstract


Artikel ini membahas deskripsi pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Tahun 2019 yang didanai oleh Kementerian Riset  Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI). Kegiatan ini dilatarbelakangani belum diterapkannya model pembelajaran yang menggunakan alqur’an sebagai sumber belajar IPA. Permasalahan pritoritas mitra yaitu guru belum mengetahui konseptual model belajar siswa aktif dengan pendekatan ALSAK. Selain itu, guru belum mengetahui perencanaa, pelaksanaan, dan penyusunan sumber serta instrument evaluasi. Solusi yang ditawarkan yaitu memberikan pengetahuan tentang pembelajaran model ALSAK untuk guru MI di Tamrinussibyan. Metode pelaksanaan kegiatan PKMS ini adalah ceramah, diskusi, workshop, peerteaching, dan penugasan. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu Juni-Agustus 2019. Luaran kegiatan ini  yaitu peningkatan pengetahuan guru MI dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebsesar 80%, melaksanakan pembelajaran sebesar 70% dan menyusun sumber belajar serta instrument evaluasi sebesar 70%. Selain itu, luaran kegiatan PKMS ini berupa publikasi media massa berupa koran suara merdeka, video pelaksanaan, dan artikel.


Keywords


Diseminasi, Model ALSAK, PKMS, Guru MI

Full Text:

References


Zuhdi, Darmiyati, (2011) Pendidikan Karakter. Yogyakarta

Liliasari, et al.2011, Scientific Concept and Generic Science Skill Relationship in The 21st Century Science Education Makalah, Pada seminar International I SPs UPI : Bandung

Winarni, F. (2006). Reorientasi Pendidikan Nilai Dalam Menyiapkan Kepemimpinan Masa Depan. Jurnal Cakrawala Pendidikan: No 1, 130-171

Mahmudah, Laely. 2016. Spiritual Teaching dalam Pembelajaran IPA di Madrasah. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11 (2): 448

Arends, I. Richard. (2007). Learning to Teach Seven Edition (Alih bahasa: Drs. Helly Prajitno, M.A dan Dra. Sri Mulyantini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudaryanti. (2010). Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik. Makalah Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http:staf.uny.ac.id pada tanggal 8 Agustus 2015.

Djudin, Tomo. (2010). Menyisipkan Nilai-Nilai Agama Dalam Pembelajaran Sains: Suatu Alternatif Memagari Keimanan Siswa. Jurnal Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v3i1.1643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats