Batik Sebagai Media Dakwah pada Asosiasi Aksi Muda Bina Griya Kota Pekalongan

Saebani Saebani, Teguh Purwanto, Bayu Wirawan

Abstract


Kota Pekalongan terkenal dengan julukan kota batik dan juga terkenal dengan
nuansa religiusnya karena mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Dengan batik dan religiusitas di kota Pekalongan menggerakkan Asosiasi Aksi Muda dalam pemberdayakan umat melalui kegiatan kewirausahaan, salah satu bentuk wirausahanya adalah membuat kaligrafi. Akan tetapi perkembangan kaligrafi ini mengalami beberapa kendala diantaranya 1) Belum diterapkannya praktik bisnis Islam, 2) Belum adanya produk ciri khas kaligrafi, 3) Rendahnya produktifitas produksi dan 4) Perlunya manajemen pemasaran. Solusi yang ditawarkan adalah Batik dakwah project, yang diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan mitra tersebut. Metode pendekatan yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah metode pemberdayaan masyarakat partisipatif atau Participatory Rural Apraissal (PRA). Dengan kondisi seperti tersebut diatas, maka program yang kami usulkan adalah, Program kreatifitas batik, dengan judul tema PKM Batik Dakwah berupa: Kelas project 1 yang menanamkan keilmuwan dan praktek etika bisnis Islam. Kelas project 2 menumbuhkan kecintaan kepada motif batik pekalongan Kelas project 3 menciptakan inovasi produk yang belum pernah ada dengan mengedepankan keberkahan produk Kelas project 4 pemahaman tentang persaingan usaha dan pembuatan digital marketing berupa instagram. Produk yang dihasilkan berupa Kaligrafi yang dipadukan dengan ukiran batik khas pekalongan, dan terdapat peningkatan omset bagi mitra binaan.


Keywords


Kaligrafi, Batik dakwah, Pemasaran dan Produksi

Full Text:

References


Kusnin, Asa, 2006, Batik Pekalongan Dalam Lintasan Sejarah, Paguyuban Pecinta Batik

Pekalongan, Jakarta.

Karim, Adiwarman A., 2016, Ekonomi Mikro Islam, Cet. 8, PT. Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Suprayitno, Eko, 2005, Ekonomi Islam, Graha Ilmu., Cetakan pertama, Yogyakarta

Norvadewi. 2015. Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan

Normatif). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam AL-TIJARY. Vol. 01, No. 01.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v3i1.1659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats