Pelatihan Penyiapan Bahan Pembelajaran Interaktif untuk Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Bambang Tri Wahyono, Yuni Widiastiwi, Iin Ernawati

Abstract


Pada masa pandemi saat ini membutuhkan banyak kreatifitas dari guru untuk dapat berkreatifitas dan berimajinasi untuk mendapatkan pengalaman belajar yang membangun dan menantang bagi siswa didiknya terutama untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Permasalahan yang kerap ditemui oleh para guru adalah kemampuan dan keterampilan untuk dapat menghasilkan atau memberikan materi pembelajaran yang interaktif bagi siswa didiknya yang masih terbatas. Tujuan dari program ini adalah transfer pengetahuan dan keterampilan bagi para guru untuk dapat menyiapkan dan memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa didiknya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Adapun pelatihan yang akan dilakukan dengan membuat bahan pembelajaran menggunakan aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dan dapat diakses secara langsung oleh siswa melalui perangkat telepon selular yang saat ini sudah umum digunakan di masyarakat. Hasil dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat yang diharapkan adalah berupa peningkatan pengetahuan khalayak sasaran tentang pembuatan materi ajar  yang bersifat interaktif sehingga diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi anak didik.


Keywords


Guru, PAUD, Pembelajaran, Interaktif

Full Text:

References


T. C. Reluga, “Game Theory of Social Distancing in Response to an Epidemic,” PLOS Comput. Biol., vol. 6, no. 5, p. e1000793, May 2010, [Online]. Available: https://doi.org/10.1371/journal.pcbi.1000793.

P. Gouëdard, B. Pont, and R. Viennet, “EDU/WKP(2020)12 Directorate For Education And Skills Education Responses To Covid-19: Implementing A Way Forward OECD Working Paper No. 224,” 2020, [Online]. Available: www.oecd.org/edu/workingpapers.

SE Mendikbud No. 4 tahun 2020, 2020. “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19),” https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19, diakses tanggal 22 November 2021

E. Suhendro, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19,” Golden Age J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 5, no. 3, pp. 133–140, 2020, doi: 10.14421/jga.2020.53-05.

Y. A. Koedoes, S. R. Abubakar, M. Nadzirin, and A. Nur, “Solusi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Pengabdi. Masy. Ilmu Terap., vol. 2, no. 2, pp. 87–92, 2020.

N. Fadhilah, 2014, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Di Kelompok B Tk Kklkmd Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul,” Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats