Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital di MAN 4 Kota Pekanbaru

Refika Andriani, Herdi Herdi, Destina Kasriyati

Abstract


Pembelajaran online yang telah berjalan selama lebih kurang 2 tahun memberikan beragam reaksi dari berbagai pihak, mulai dari guru, siswa, hingga orang tua. Meskipun kian popular, faktanya pembelajaran daring menimbulkan bemacam permasalahan mulai dari gangguan jaringan internet hingga kelelahan sebagian anggota tubuh guru dan siswa. Madrasah Aliyah Negeri (MAN 4) Pekanbaru merupakan sekolah setingkat menengah atas yang ada di daerah Pekanbaru tepatnya pada kelurahan Rumbai Barat kecamatan Rumbai. Madrasah ini berjarak 21 kilometer dari pusat kota Pekanbaru. Pada tahun akademik 2019/2020 dan 2020/2021 penyelenggaraan pembelajaran di MAN 4 ini juga dilaksanakan sesuai dengan peraturan pemerintah, yakni secara online dengan memanfaatkan berbagai macam platform pembelajaran. Menurut keterangan dari kepala Madrasah dan beberapa orang guru, pembelajaran online yang dilaksanakan ini ternyata lama kelamaan menimbulkan dampak penurunan motivasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh rasa jenuh para siswa dan menurunya intensitas pendampingan orang tua. Sebagian siswa menyatakan bahwa pembelajaran online membuat kualitas belajar mereka menurun karena bosan dengan keadaan lingkungan belajar yang itu-itu saja. Mempertimbangkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat akan menawarkan sebuah solusi berupa kegiatan sosialiasi “Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Belajar Berbasis Media Digital Siswa MAN 4 Pekanbaru”. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka terbatas pada tanggal 24 November 2021 dan diikuti oleh 26 siswa. Berdasarkan data angket yang diberikan sebelum dan setelah pemberian materi, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa untuk mengikuti pembelajan online maupun offline. Dengan meingkatnya motivasi belajar siswa, maka diharapkan kemampuan belajar siswa juga akan meningkat.

Keywords


Motivasi dan kemampuan belajar, media digital, pembelajaran online

Full Text:

References


Andriani, R., & Kasriyati, D. (2020, April). Android Apps in EFL Classroom Environment: Improving Students’ Learning Outcomes in Translation. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 469, No. 1, p. 012060). IOP Publishing.

Andriani, R., Syaifullah, S., & Kasriyati, D. (2021). Online Learning in Pandemic Covid-19. ELT-Lectura, 8(2), 148-156.

Conny, Semiawan. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Anak Dini. Jakarta: PT. Prehallindo.

Ferismayanti. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Retrieved from: https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/

Hamalik, Oemar. 2004. Kemampuan Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi khusus, 1, 158-166.

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6 (2).

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2)




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.3237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats