Pelatihan Pemanfaatan Platform E-Learning (Edmodo) dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru SMA Dan SMK Muhammadiyah Kotabumi

Asep Hardiyanto, Rini Susilowati

Abstract


Pembelajaran daring merupakan sebuah keniscayaan yang akan terjadi seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin masif akhir-akhir ini. Ditambah lagi dengan fenomena wabah virus covid-19 yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara daring termasuk proses belajar mengajar disekolah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru SMA dan SMK Muhammadiyah Kotabumi dalam memanfaatkan platform e-learning yaitu edmodo dalam proses pembelajaran daring. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam memanfaatkan platform e-learning edmodo dalam pembelajaran daring. Peningkatan terjadi secara signifikan yaitu 90% guru mampu menggunakan platform e-learning edmodo dalam pembelajaran daring. Hanya saja, beberapa kendala tidak dapat dihindari dalam proses penggunaan platform e-learning edmodo yaitu dukungan jaringan internet dan fasilitas digital devices yang dimiliki oleh guru dan siswa. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara sharing jaringan internet dan fasilitas pendukung lainnya.

Keywords


E-learning, edmodo, pembelajaran daring

Full Text:

References


Afzal, M.T, Safdar, A. Ambreen, M. (2015). Teachers Perceptions and Needs towards the Use of E-Learning in Teaching of Physics at Secondary Level. American Journal of Educational Research. 1045-1051.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M.Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6(2). 165-175.

Adeyodin, O.B., & Soykan, E. (2020). Covid-19 Pandemic and Online Learning: the Challenges and Opportunities. Interactive Learning Environments. 1-13.

Susilowati, R. (2020). The Challenges of Online Learning in Listening Class During Covid-19 Pandemic. Edukasi Lingua Sastra, 18(2), 56-72.

Supriono, Y., dkk. (2016). Developing WBI based Reading Teaching Model in English Education Departement of State University of Siliwangi. Proceeding ICTTE FKIP UNS. 2(1). 485-493.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.3291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats