Pendampingan Pendirian Tax Center Binaan Sebagai Persiapan Kuliah Merdeka Bagi Perguruan Tinggi

Ratno Agriyanto, Saeku Saeku, Tri Lestari

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk terbentuknya tax center binaan sebagai persiapan kuliah merdeka. Kebutuhan update kompetensi bagi lembaga pendidika penting karena akan mencetak sumberdaya manusia yang akan hidup dimasa yang berbeda. Kerjasama dengan industri atau regulator sangat penting dilakukan oleh lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang telah kerjasama dengan dunia industri dan regulator  akan mendapatkan informasi lebih cepat tentang perkembangan kompetensi. Pendirian tax center binaan pada sekolah menengah kejuruan merupakan wujud nyata dari kerjasama sekolah, perguruan tinggi dan industri dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak.  Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah sosialisais tentang tax center binaan pada sekolah menengah kejuruan. Tahap kedua adalah pelatihan tentang aspek hukum dalam perpajakan, materi tentang tata kelola tax center, etika, pajak UMKM dan pelaporan online SPT. Keberlanjutan pendampingan tax center binaan diintegrasikan dengan program kuliah merdeka. Pada setiap musim pelaporan SPT dosen pendamping dan mahasiswa akan diterjunkan di tax center binaan  untuk melakukan pendampingan dalam melayani pelaporan SPT.

Keywords


Tax Center Binaan, Sekolah Kejuruan, Perguruan Tinggi, Kuliah Merdeka

Full Text:

References


R. Agriyanto, “Strategi pengembangan jurusan ekonomi islam berbasis input, proses, Output dan Outcome pendidikan,” At-Taqaddum, vol. 5, no. 2, pp. 195–211, 2016.

C. Swift and G. Levin, “Empowerment: An emerging mental health technology,” J. Prim. Prev., vol. 8, no. 1, pp. 71–94, 1987.

J. Rappaport, “Studies of Empowerm

ent: Introduction to The Issue, Prevention In Human Issue,” 1984.

M. A. Zimmerman, “Psychological empowerment: Issues and illustrations,” Am. J. Community Psychol., vol. 23, no. 5, pp. 581–599, 1995.

K. I. Maton and J. Rappaport, “Empowerment in a religious setting: A multivariate investigation,” Prev. Hum. Serv., vol. 3, no. 2–3, pp. 37–72, 1984.

J. E. Prestby, A. Wandersman, P. Florin, R. Rich, and D. Chavis, “Benefits, costs, incentive management and participation in voluntary organizations: A means to understanding and promoting empowerment,” Am. J. Community Psychol., vol. 18, no. 1, pp. 117–149, 1990.

J. A. Conger and R. N. Kanungo, “The empowerment process: Integrating theory and practice,” Acad. Manag. Rev., vol. 13, no. 3, pp. 471–482, 1988.

A. Muhtarom, “Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota,” Dimas, vol. 18, no. 2, pp. 259–278, 2018.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.3374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats