Pelatihan Operasional Google Classroom Bagi Guru di SD Negeri Jumeneng Mlati Sleman

Aprilina Dwi Astuti, Nanang Susetyo, Herry Abdul Hakim

Abstract


Proses pembelajaran secara online di era pandemi covid di SD Negeri Jumeneng Mlati Sleman  menggunakan media WhatsApp yang pada praktiknya mempunyai banyak kekurangan seperti kurangnya penjelasan yang komprehensif dari guru, kurangnya interaksi antara guru dan murid, sulitnya guru mengetahui keseriusan belajar siswa. Pada aspek teknik adanya hambatan gangguan sinyal, dan memori HP penuh. Guru perlu diberikan wawasan dan pelatihan mengenai media pembelajaran alternative selain menggunakan WhatsApp. Dari sekian banyak Learning management system (LMS) Google classroom merupakan aplikasi LMS yang paling sederhana dan mudah digunakan oleh guru SD. Meskipun sederhana tetapi aplikasi google classroom termasuk LMS yang cukup lengkap untuk dipilih sebagai media pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi dan praktik, Hasil  dari pelatihan selama 4 hari dari 12 guru yang belum pernah mengenal google classroom setelah pelatihan dapat mengoperasikan google classroom seperti membuat kelas, mengunggah materi ajar, membuat penugasan, melakukan penilaian dan mempraktikkan pembelajaran tatap muka secara online menggunakan aplikasi google meet yang terintegrasi dengan google classroom.

Keywords


pelatihan, media pembelajaran, google classroom

Full Text:

References


Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Daheri, dkk. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal

Basiced.Vol.4(4). 775-783. DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.445

Hapsari, M. J. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran

Matematka Tipe Think Pair Share Di Smkn 3 Banjarmasin. 153–161.

Khairani, A., Daud, A., & Adnan, M. (2020). STUDENTS’ ACCEPTANCE OF THE USE

OF GOOGLE CLASSROOM AS A PLATFORM IN BLENDED LEARNING. ALISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i1.193

Ramadhani, R., Bina, N. S., Sihotang, S. F., Narpila, S. D., & Mazaly, M. R. (2020). Students’ critical mathematical thinking abilities through flip-problem based learning model based on LMS-google classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 012025. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1657/1/012025

Rahma, A. A., & Arista, H. (2021). Analisis Penerapan Google Classroom Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 88–95. https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.730

Rosarians, F., Warsono, A., Fikri, A., & Permana, S. (2020, March 16). Belajar di Rumah Lewat WhatsApp. https://koran.tempo.co/read/metro/451002/ belajar-di-rumah-lewat-whatsapp

W Lestari (2021, January) Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi covid-19 di Kelas VI Sekolah Dasar. https://repository.unja.ac.id




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.3376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats