PEMBERDAYAAN KELOMPOK PENGRAJIN BATIK JEMBATAN AKAR

Adila Adisti, Chairunnisya Chairunnisya

Abstract


Pengembangan industri kreatif termasuk industri batik sangat menjanjikan namun persaingan sektor industri kreatif ini sangat banyak. Pelaku usaha sektor kerajinan batik umumnya kelompok Usaha Kecil dan Menengah yang mempunyai berbagai permasalahan yang perlu diatasi. Permasalahan yang dihadapi terkait manajerial, permodalan, design yang monoton dan pemasaran. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 menyebabkan penjualan dan pemasaran secara langsung tidak dapat dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM Batik Jembatan Akar dalam mengatasi permasalahan kapasitas produksi, keterampilan dalam membatik dan pemasaran online. Metode yang digunakan adalah diskusi interaktif, ceramah dan penyuluhan secara langsung maupun virtual menggunakan aplikasi zoom. EvaluasiHasil dari kegiatan pengabdian adalah adanya peningkatan produksi, keterampilan membatik serta perluasan pasar melalui pemasaran online. Setelah kegiatan ini berlangsung kelompok pengrajin Jembatan Akar dapat mengaplikasikan aneka design batik cap dan trik pemasaran online sehingga dapat meningkatkan produksi. 


Keywords


UMKM, Industri kreatif, Batik, Covid-19

Full Text:

References


Badan Pusat Statistik, 2018, Ekspor Ekonomi Kreatif https://www.bps.go.id/publication/2018/04/09/74b5c165025132e98a36c8f0/ekspor-ekonomi-kreatif-2010-2016.html, diakses 17 November 2020

Harikesa, I. W. A, 2020), Industry Revolution 4.0: Strenghthening the Creative Economy Sectors Through Bekraf Implementation Programs. Jurnal Dinamika Global, 5(01), 84–108. https://doi.org/10.36859/jdg.v5i1.139

Harwiki, W., Choiron, A., & Hartini, S, 2018, Batik Creative Industry: Creativity, Innovation and Competitiveness to Encounter Global Market, Journal of Business and Finance in Emerging Markets. Vol. 1 No. 2 (2018).

Novita, D., Husna, N, 2020, Competitive Advantage in The Company Jurnal TECHNOBIZ Vol. 3, No. 1, 2020, 14-18. ISSN 2655-3457

Suhaeni, T, 2018, Pengaruh Strategi i Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung), Jurnal Riset Bisnis dan Investasi Vol. 4, No. 1, April 2018 57 ISSN 2460-8211.

Yudhistira, A., W, 2019, Geliat Ekonomi Kreatif Indonesia, https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a51a8368e3/geliat-ekonomi-kreatif-indonesia, diakses 17 November 2020.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.3424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats