Workshop Pendampingan Persiapan Akreditasi Sekolah di SMPN 3 Tanjung Palas
Abstract
Organisasi eksternal mengevaluasi dan memverifikasi layanan dan operasi lembaga atau program pendidikan sebagai bagian dari proses akreditasi untuk melihat apakah standar yang relevan dan diterima diikuti. Institusi yang kompeten memberikan status terakreditasi jika persyaratan dipenuhi. Dengan memberikan materi yang berkaitan dengan unsur mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah, serta pengisian field data, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) memberikan workshop pendampingan terkait persiapan pelaksanaan akreditasi, yang akan berakhir di SMPN 3 Tanjung Palas. Sispena menawarkan akreditasi dan penyerahan dokumen. Sebanyak 32 jam pelatihan dihabiskan untuk tugas ini selama empat hari, baik offline maupun online. Penyelenggaraan akreditasi sekolah merupakan upaya peningkatan mutu dan mutu pendidikan dalam sistem pendidikan. Tentunya perlu melibatkan banyak pihak, memerlukan persiapan yang memadai, dan membutuhkan pemahaman tentang komponen kualitas lulusan, proses pembelajaran, kualitas guru, dan manajemen sekolah. Pihak sekolah SMPN 3 Tanjung Palas memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap kegiatan ini, dan mereka berharap kedepannya akan ada kegiatan serupa yang meningkatkan kualitas pendidikan dalam sistem pendidikan. Hasil dari kegiatan ini membantu SMPN 3 Tanjung Palas dalam melengkapi formulir akreditasinya sesuai dengan persyaratan BAN-S/M.
Keywords
References
D. Asopwan, “Studi tentang akreditasi dalam meningkatkan produktivitas sekolah,” Indones. J. Educ. Manag. Adm. Rev., vol. 2, no. 2, 2018.
Maulana, “Peran akreditasi dalam penjaminan mutu pendidikan di Sekolah Dasar,” Media Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 2, 2018.
Zulnika, “Pengaruh akreditasi sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran siswa SMP negeri di Kecamatan Kopang,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 2, no. 2, 2017.
Nujumuddin, “Dampak kebijakan akreditasi terhadap peningkatan kinerja guru madrasah (Studi kasus di MI Nurul Muhsinin Desa Batujai),” J. Penelit. Keislam., vol. 15, no. 1, 2019.
A. A. R. Awaludin, “Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 2, no. 1, 2017, doi: doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156.
S. R. Saad, “Peran akreditasi sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah Lakea,” IQRA J. Ilmu Kependidikan dan Keislam., vol. 15, no. 2, 2020.
Astawa, “Memahami Peran Masyarakat dan Pemerintah dalam Kemajuan Mutu Pendidikan di Indonesia,” J. Penjaminan Mutu Lemb. Penjamin Mutu Inst. Hindu Bharma Negeri Denpasar, vol. 3, no. 2, pp. 197–205, 2017.
M. Fitrah, “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” J. Penjaminan Mutu, vol. 3, no. 1, 2017, doi: doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90.
S. Amri, Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, 2013.
M. Zulkifli, “Kinerja Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/madrasah (BAP S/M) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Provinsi Sulawesi Tenggara,” Al-Ta’dib, vol. 8, no. 2, pp. 168–189, 2015.
M. Idrus, “Mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan di daerah,” Psikopedagogia, vol. 1, no. 2, 2012.
D. Mulyasana, Pendidikan bermutu dan Berdaya Saing. Bandung, Indonesia: PT Rosda Karya, 2011.
S. B. Raharjo, “Evaluasi trend kualitas pendidikan di Indonesia,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 16, no. 2, pp. 511–532, 2012.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.3554
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



