Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Konsumen UMKM di Kota Tegal

Ida Farida, Aryanto Aryanto, Naila Hanum, Nurseha Ardi, Siti Mutoati

Abstract


Digital marketing suatu pemasaran dengan menggunakan akses internet seperti media sosial dan perangkat digital lainnya. Digital Marketing bisa membantu UMKM untuk mepromosikan serta memasarkan produk dan jasa nya dan dapat membuka pasar baru yang sebelumnya terbatas karena keterbatasan waktu, jarak dan cara berkomunikasi. Manfaat dari digital marketing yaitu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, mengefektifkan biaya pemasaran, membuat ruang dan waktu pemasaran yang tidak terbatas. Hasil penelitian berjudul Persepsi UMKM di Kota Tegal terhadap kesiapan menuju digitalisasi UMKM di era new normal hasil nya menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap kesiapan UMKM menuju digitalisasi. Hal ini menunjukkan bahwa para pelaku UMKM di Kota Tegal belum mengetahui bahwa pemanfaatan teknologi digital memiliki manfaat untuk meningkatkan usaha dimasa pandemi dan era new normal. Kota Tegal sebagai tempat pengolahan akhir dan pemasaran berbagai produk dari kawasan Jawa Tengah bagian barat. Permasalahan utama yang melatarbelakangi pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah UMKM belum banyak yang memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produknya. Sharing ilmu ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada UMKM di Kota Tegal terkait dengan Digitalisasi Marketing menggunakan media Instagram ads sebagai strategi meningkatkan jumlah.konsumen.. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di kampus  Politeknik  Harapan Bersama yang diikuti oleh UMKM di Kota Tegal khususnya UMKM binaan Prodi Akuntansi sekitar 15 peserta. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan penyampaian materi melalui metode ceramah, tutorial dan diskusi terkait dengan materi yang akan disampaikan.


Keywords


Digital Marketing, Strategi Konsumen, UMKM.

Full Text:

References


Muliyani (2020). Digitalisasi UMKM di Era Revolusi 4.0 dalam Pelatihan Akuntansi dan Laporan Keuangan Berbasis Komputer pada UMKM di Kota Gorontalo.

Dimas Sasongko (2020). Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung.

Dimas Sasongko (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih di Kabupaten Magelang dengan memanfaatkan Digital Marketing.

Ida Farida (2020). Persepsi UMKM di Kota Tegal terhadap Kesipana Menuju Digitalisasi UMKM di Era New Norma.

Mustika (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics). Vol 2 no 2.

Andi Gunawan ( 2019). The book of digital marketing. Celebes Media Perkasa.

Rusmanto Maryanto (2017). Pengantar digital marketing: modul praktikum manajemen pemasaran berbasis IT.

Damian Ryan dan Calvin Jones (2009). Understanding Digital Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation.

Daniel Laksana And Diah Dharmayanti. Pengaruh digital marketing terhadap organizational performance dengan intellectual capital dan perceived quality sebagai varibel intervening pada industri hotel bintang empat di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, vol 12, No 1, April 2018.

Ibrahiem Mousa (2017). Pencatatan keuangan menurut pemahaman pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

data macau